visitaaponce.com

Nigeria Melaju ke Final Piala Afrika Usai Menang Adu Penalti Atas Afrika Selatan

Nigeria Melaju ke Final Piala Afrika Usai Menang Adu Penalti Atas Afrika Selatan
Para pemain Nigeria melakukan sujud syukur usai mengalahkan Afrika Selatan di semifinal Piala Afrika(AFP/Issouf SANOGO)

PEMAIN pengganti Kelechi Iheanacho mencetak penalti penentu saat timnas Nigeria menang 4-2 lewat babak adu penalti atas timnas Afrika Selatan di laga semifinal Piala Afrika, Kamis (8/2) dini hari WIB.

Laga antara kedua tim berakhir imbang 1-1 setelah waktu normal dan babak tambahan waktu sehingga harus dilanjutkan ke babak adu penalti.

Di laga final Piala Asia, Minggu (11/2), Nigeria akan berhadapan dengan pemenang laga antara tuan rumah timnas Pantai Gading dan timnas Kongo.

Baca juga : Pantai Gading Menyerah dari Nigeria di Laga Piala Afrika

Kedua gol di waktu normal juga dicetak dari titik penalti dengan kapten William Troost-Ekong membawa Nigeria unggul pada menit 67 sebelum Teboho Mokoena menyamakan kedudukan untuk Afrika Selatan pada menit 90.

Gol penyama kedudukan yang dicetak Mokoena terjadi setelah Nigeria menyangka telah mencetak gol kedua lewat aksi Victor Osimhen.

Namun, gol itu dianulir setelah VAR mengatakan telah terjadi pelanggaran sebelumnya.

Baca juga : Iheanacho Antar Nigeria Kalahkan Mesir

Khuliso Mudau memiliki peluang membawa Afrika Selatan menang di masa injury time namun tendangannya masih melenceng setelah penjaga gawang Stanley Nwabali menahan tendangan bebas Mokoena.

Afrika Selatan harus bermain dengan 10 pemain ketika Grant Kekana diusir wasit di menit 115 setelah melakukan pelanggaran sebagai orang terakhir.

Nigeria tampil di semifinal Piala Afrika dengan rekor sempurna melawan Afrika Selatan dengan memenangkan tiga pertemuan sebelumnya antara kedua tim di Piala Afrika.

Baca juga : Timnas Maroko Putuskan Pertahankan Regragui

Tim Elang Super mengalahkan Bafana Bafana 2-0 di laga semifinal 2000, 4-0 di babak penyisihan grup pada 2004, dan di perempat final 2019. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat