visitaaponce.com

Vietnam Vs Indonesia Garuda Hajar Vietnam 3-0 di Hanoi

Vietnam Vs Indonesia: Garuda Hajar Vietnam 3-0 di Hanoi
Skuad Garuda membekap Vietnam di Hanoi 3-0.(Antara)

TIMNAS Indonesia menorehkan catatan sempurna di dua laga melawan Vietnam pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Setelah menang 1-0 di Jakarta pekan lalu, skuad Garuda membekap Vietnam di Hanoi 3-0.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3) malam, Indonesia memimpin dua gol di babak pertama berkat gol Jay Idzes dan Ragnar Oratmangoen. Gol Ramadhan Sananta di ujung laga menyudahi perlawanan tuan rumah.

Hasil itu membuat Indonesia membuka peluang untuk lolos ke putaran ketiga. Di klasemen sementara Grup F, tim asuhan Shin Tae-yong duduk di peringkat kedua mengemas tujuh poin dari empat laga.

Baca juga : Vietnam Vs Indonesia: Egy Maulana Vikri Sebut akan Jadi Laga Berat

Irak di puncak klasemen dengan 12 poin. Adapun Vietnam di posisi tiga dengan tiga poin sedangkan juru kunci dihuni Filipina yang hanya mengemas satu angka.

Dengan menyisakan dua laga, peluang Indonesia ke babak berikutnya terbuka lebar. Skuad Garuda akan menjamu Irak dan Filipina pada Juni mendatang. Satu kemenangan dari dua laga terakhir dipastikan menjamin posisi Indonesia untuk lolos.

Indonesia tampil efektif dengan empat peluang mengarah ke gawang yang tiga di antaranya mampu menghasilkan gol. Laga berjalan sengit sejak awal dengan kedua tim bermain menyerang.

Baca juga : Vietnam Vs Indonesia: Pelatih Vietnam Philippe Troussier Usung Misi Kemenangan

Garuda mampu unggul cepat berkat gol Jay Idzes. Pemain klub Serie B Italia Venezia itu membuka skor bagi tim Garuda. Menyundul sepakan pojok dari Thom Haye, bek jangkung setinggi 1,9 meter itu menjebol gawang Vietnam pada menit kesembilan.

Tak lama berselang, tim tuan rumah menciptakan peluang namun Ernando Ari mampu menangkap sundulan pemain Vietnam.

Indonesia mampu menggandakan keunggulan melalui Ragnar Oratmangoen pada menit ke-23. Aksi solo Ragnar melakukan penetrasi ke kotak penalti dengan penyelesaian dari sudut sempit.

Baca juga : Indonesia Vs Vietnam, Timnas Unggul 2-0 di 30 Menit Pertama Pertandingan

Vietnam berupaya terus menekan terutama di babak kedua. Pelatih Vietnam Philippe Troussier melakukan pergantian pemain dengan skema yang lebih agresif namun dari total 11 percobaan belum membuahkan hasil.

Gol Sananta pada menit ke-98 kemudian memastikan kemenangan Indonesia.

Dari laga kandang dan tandang menghadapi Vietnam, gawang Indonesia juga tanpa kebobolan alias clean sheet. Kemenangan tersebut sekaligus mematahkan kutukan 20 tahun timnas tak pernah menang di markas Vietnam.

Di laga itu, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen debut sebagai starter. Keberadaan dua pemain anyar tersebut di lini tengah terbukti berdampak instan memberi efektifitas serangan.

(Dhk)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat