visitaaponce.com

Arsenal vs Brighton, Arsenal Kembali ke Puncak Setelah Kemenangan 3-0 Atas Brighton

Arsenal vs Brighton, Arsenal Kembali ke Puncak Setelah Kemenangan 3-0 Atas Brighton
Arsenal berhasil kembali ke puncak klasemen setelah mengalahkan Brighton dengan skor 3-0. (AFP)

MIKEL Arteta percaya Arsenal lebih siap untuk menghadapi persaingan gelar Liga Primer Inggris setelah kekecewaan, karena gagal musim lalu ketika timnya naik ke puncak klasemen dengan kemenangan 3-0 di Brighton pada hari Sabtu.

Peran telah terbalik dari hampir setahun yang lalu ketika Seagulls menang 3-0 di Emirates untuk secara realistis mengakhiri harapan Arsenal untuk meraih gelar Liga Primer pertama mereka sejak 2004.

Dua belas bulan kemudian, tim Arteta telah matang dan tampak siap untuk menghadapi tantangan mengalahkan Liverpool dan Manchester City, untuk mengakhiri masa tunggu dua dekade mereka untuk memenangkan liga.

Baca juga : Havertz Berharap Penampilan Apiknya di Arsenal Berlanjut

Arsenal unggul satu poin dari Liverpool, yang akan menghadapi Manchester United pada hari Minggu, dan juara bertahan Manchester City di puncak klasemen.

Bukayo Saka membuka skor dari titik penalti sebelum Kai Havertz yang sering dikritik, mencetak gol kelima dalam sembilan pertandingan terakhirnya bersama Arsenal untuk terus membungkam para kritikusnya.

Leandro Trossard keluar dari bangku cadangan untuk menghantui mantan klubnya dengan melakukan chip dingin melampaui Bart Verbruggen untuk gol ketiga lima menit menjelang akhir.

Baca juga : Pelatih Arsenal Sanjung Brighton karena Ini

"Kami lebih tua. Kami telah melewati banyak momen bersama dan kimia yang Anda bangun di dalam tim," kata Arteta tentang perbedaan dari setahun yang lalu ketika City melesat jauh di akhir musim.

"Kami juga telah menandatangani beberapa pemain luar biasa yang membantu. Skuad kami sehat dan momennya bagus."

Brighton tidak pernah kalah di kandang dalam 14 pertandingan di semua kompetisi sejak September, tetapi mereka tidak pernah bertemu dengan tim sekelas Arsenal dalam rentang tersebut.

Baca juga : Jadwal Lengkap Manchester United 2023-2024

Mereka sekarang telah memenangkan 10 dan seri satu, tandang ke Manchester City, dari 11 pertandingan liga terakhir mereka.

Saka telah mengalami cedera dalam beberapa minggu terakhir dan istirahat untuk kemenangan 2-0 atas Luton pada hari Rabu.

Tapi dia menandai kembali kemunculannya dengan gol ke-17 musim ini setelah Gabriel Jesus tersungkur di dalam kotak pada menit ke-33.

Baca juga : Arsenal Kalah dari Brighton, Arteta Minta Maaf

"Saya kesulitan tapi selama saya memiliki dua kaki, saya akan memberikan segalanya dan ingin berada di lapangan," kata Saka.

"Kami semua bersemangat, kami tahu kemenangan membawa kami kembali ke puncak. Kami sedang membangun momentum."

Arsenal sekarang telah menjaga clean sheet lima pertandingan beruntun di luar kandang dalam Liga Primer dan keputusasaan mereka untuk tidak kebobolan tercermin dari selebrasi liar Gabriel dan rekan-rekannya setelah pemain Brasil itu melakukan blok saat pertandingan sudah berakhir.

Baca juga : Arsenal Masih Bisa Juara Liga Primer Inggris, kalau...

"Keinginan dan cinta untuk bertahan dari para pemain ada," tambah Arteta.

"Anda melihat reaksi rekan-rekan setim dengan blok Gabi. Itu mereka, bukan saya, itu semangat dalam tim."

Julio Enciso mendekati respon bagi Seagulls dengan usaha melengkung dari luar kotak pada babak pertama yang David Raya lakukan dengan baik untuk menepisnya.

Baca juga : De Zerbi Mengaku Beruntung Jadi Pelatih Brighton

Arsenal kurang mengancam setelah jeda tetapi mencetak gol penting kedua ketika Jorginho sampai di garis samping dan umpan silangnya ditanduk masuk di tiang dekat oleh Havertz.

Pemain internasional Jerman itu kemudian menjadi pemberi assist untuk yang ketiga saat dia mengirim Trossard melesat bebas di belakang pertahanan Brighton untuk mencetak gol pada kunjungannya pertama ke Amex sejak meninggalkan klub tersebut untuk Emirates pada Januari 2023.

City menang 4-2 atas Crystal Palace sebelumnya pada hari Sabtu dan sekarang tekanan ada pada Liverpool untuk merespons para pesaing mereka dalam perebutan gelar ketika mereka kembali ke Old Trafford mencari balas dendam.

Hanya tiga minggu yang lalu tim Jurgen Klopp itu kalah 4-3 dari United dalam perempat final Piala FA yang menegangkan. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat