visitaaponce.com

Timnas U-23 Indonesia Fokus Pemulihan sebelum Hadapi Guinea

Timnas U-23 Indonesia Fokus Pemulihan sebelum Hadapi Guinea
Timnas U-23 Indonesia fokus pemulihan(MI/Susanto)

Tim U-23 Indonesia akan fokus memulihkan kondisi menatap laga playoff perebutan tiket terakhir ke Olimpiade 2024 melawan Guinea yang akan berlangsung 9 Mei pekan depan. Pelatih Shin Tae-yong mengistirahatkan pemain beberapa hari sebelum kembali mempersiapkan pertandingan.

Indonesia takluk 1-2 dari Irak pada perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 Qatar yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis (2/5) malam.

Hasil itu membuat Indonesia menutup perjalanan debut di Piala Asia U-23 sebagai peringkat empat. Bagi Irak, kemenangan tersebut membuat mereka meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Baca juga : Wapres Doakan Timnas U-23 Lolos Olimpiade Paris 2024

Garuda Muda harus berjuang melakoni playoff interkontinental melawan Guinea pada 9 Mei di Stadion Centre National du Football Clairefontaine, Paris, untuk memperebutkan satu tiket terakhir ke Olimpiade 2024.

"Jelas para pemain sangat kelelahan. Mereka betul-betul kehabisan tenaga," kata Shin Tae-yong usai laga melawan Irak U-23.

"Sekitar dua atau tiga hari kami akan fokus pada pemulihan. Saya tidak akan membiarkan para pemain menyentuh bola. Setelah itu kita punya waktu tiga atau empat hari, memberikan taktik dan juga analisis lawan," imbuh pelatih asal Korsel itu.

Baca juga : Shin Tae-yong dan Garuda Muda Bidik Final Piala Asia U-23

Indonesia sempat unggul melalui gol Ivar Jenner pada menit ke-19 namun disamakan oleh gol Zaid Tahseen pada menit ke-27. Irak membalikkan keadaan menjadi 2-1 lewat gol Ali Jasim pada menit ke-96 di babak perpanjangan waktu.

Shin mengapresiasi pemainnya yang sudah berjuang maksimal melawan faktor kelelahan. Dia juga mengakui Irak bermain lebih bagus terutama pada babak kedua waktu normal yang kerap menggempur Indonesia.

"Ada perbedaan level performa karena hampir semua pertandingan kami harus memainkan 11 pemain yang sama kecuali satu dua pemain. Mungkin itu sebabnya kami mengalami kesulitan," ujar Shin Tae-yong.

Guinea yang akan dihadapi Indonesia berstatus peringkat empat Piala Afrika U-23 2023. Konfederasi Asia akan menempatkan empat wakil jika Indonesia mampu lolos menemani Jepang, Uzbekistan, dan Irak.

"Saya akan berusaha sebaik mungkin untuk membawa kesempatan terakhir ini untuk lolos ke Olimpiade. Saya harap akan ada empat tim Asia akan bertanding di Olimpiade," tukas Shin Tae-yong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat