visitaaponce.com

Hasil Piala Asia U-23 Nathan Tjoe A-On Dipuja, Marselino Ferdinan Dicerca

Hasil Piala Asia U-23: Nathan Tjoe A-On Dipuja, Marselino Ferdinan Dicerca
Pemain tim U-23 Indonesia, Nathan Tjoe-A-On(AFP)

Hasil riset PT Binokular Media Utama (Binokular) menyebut pemain tim U-23 Indonesia, Nathan Tjoe A-On sebagai pemain yang paling diapresiasi suporter pada pertandingan Indonesia vs Irak untuk perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024.

Manajer Social Media Data Analytics (Socindex) Binokular, Danu Setio Wihananto, menjelaskan isu populer di ranah media sosial tidak berbeda jauh dengan isu populer pada media masa yang membahas jalannya pertandingan. Ia menggaris bawahi ada pemain Timnas U-23 Indonesia yang disorot secara signifikan oleh warganet berkat penampilannya yang luar biasa, yaitu Nathan Tjoe A-On.

"Bahkan banyak warganet yang menyebut Nathan sebagai tulang punggung timnas. Nathan menggendong timnas," ujar Danu melalui keterangan tertulis, Jumat (3/5)

Baca juga : Jelang Indonesia vs Guinea: Garuda Muda harus Maksimalkan Peluang Terakhir

Salah satu aksi heroik Nathan adalah ketika membuang bola tepat sebelum melewati garis gawang. Aksi itumenghindarkan Garuda Muda dari kebobolan. Di sisi lain, tubuhnya terhempas ke jaring gawang.
 
Sebaliknya, sorotan juga diarahkan kepada Marselino Ferdinan, namun bukan karena erforma apiknya. Warganet melihat pemain berusia 19 tahun itu bermain terlalu egois. Ia tidak mampu bekerja sama dengan baik.

"Banyak warganet menyidir bahwa Marselino bukanlah Ronaldo atau Messi jadi tidak perlu melakukan aksi individu seperti itu," tuturnya.

Kendati demikian, kekecewaan warganet yang muncul di media sosial tidak sebesar saat Garuda Muda tumbang dari Uzbekistan pada babak semifinal. Saat itu, masyarakat dibuat sangat geram dengan keputusan-keputusan wasit. Itu kemudian mengamplifikasi kekecewaan
warganet dan media masa nasional.

"Berbeda dengan laga melawan Uzbekistan, kini masyarakat sudah menerima dan banyak mengapresiasi performa. Para pemain sudah berjuang keras dan dianggap sudah menunjukkan penampilan yang begitu baik dengan melampaui target PSSI," jelas Vice President Operations Binokular Data Analytics Ridho Marpaung.

Garuda Muda saa ini masih berpeluang melaju ke Olimpiade Paris 2024 melalui pertandingan playoff melawan tempat keempat Piala Afrika U23 2023, Guinea U-23. Indonesia vs Guinea bakal digelar di Paris, Prancis, pada 9 Mei mendatang. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat