visitaaponce.com

Leonardo Bonucci Gantung Sepatu

Leonardo Bonucci Gantung Sepatu
Leonardo Bonucci kala masih berseragam Juventus, 11 Mei 2023.(AFP/Marco BERTORELLO)

PAHLAWAN timnas Italia di final Piala Eropa 2020 Leonardo Bonucci memutuskan pensiun dari sepak bola di usia 37 tahun.

Selain meraih sukses bersama Azzurri, Bonucci juga memenangkan 19 gelar di tingkat klub ketika dia membela Juventus, AC Milan, Union Berlin, dan Fenerbahce.

Bek tengah itu terakhir bermain di Fenerbahce di paruh kedua musim 2023-24 usai meninggalkan Union Berlin pada Januari.

Baca juga : Bonucci Bergabung dengan Fenerbahce

Bonucci hijrah ke Turki dengan harapan bisa masuk ke timnas Italia untuk Piala Eropa 2024 namun dia tidak dipanggil oleh pelatih Luciano Spalletti.

Bonucci memenangkan Piala Eropa bersama timnas Italia pada 2020. Dia mencetak gol penyama kedudukan di laga final melawan Inggris sebelum Azzurri menang melalui adu penalti di Stadion Wembley.

Di level klub, Bonucci menjadi juara Serie A delapan kali bersama Juventus.

Baca juga : Chiellini Umumkan Pensiun dari Sepak Bola Profesional

Dalam video penuh emosi yang diunggahnya di media sosial, Bonucci berkata, "Ketika masih kecil, saya bermimpi untuk mencapai apa yang sudah saya capai ini melalui kerja keras."

Kiprah Bonucci di sepak bola akan palin dikenal di dua masa kerjanya di Juventus tempat dia tampil 502 kali dengan raihan 4 Coppa Italia dan 5 Supercoppa Italia untuk menambah delapan gelar Serie A-nya.

Juventus, lewat sebuah pernyataan resmi mengatakan, "Seorang pemain yang merupakan bagian penting dalam sejarah kami telah memutuskan untuk pensiun."

Baca juga : Rumor: Bonucci Berlabuh di Union Berlin

"Leonardo Bonucci telah memutuskan untuk gantung sepatu. Pernyataannya sangat menyentuh kami karena Leo telah menorehkan namanya dalam sejarah Juventus," lanjut klub Serie A itu.

Juventus, antara 2012 dan 2020 mendominasi sepak bola Italia. Hal itu terjadi berkat penampilan gemilang lini belakang mereka yang terdiri dari Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, dan Giorgio Chiellini.

Dalam 190 laga Serie A, Juventus hanya kebobolan 111 gol.

Baca juga : Juventus Bela Perlakuan Mereka terhadap Bonucci

Juventus pun mengakui perna Bonucci.

"Sebagai bagian dari trio BBC yang telah melegenda, Bonucci tampil di 12 musim bersama kami."

"Kami mengucapkan selamat tinggal pada September lalu namun ikatan batin antara kami tikda bisa diputuskan. Kini, ketika Leo memutuskan memasuki babak baru dalam kariernya, kami mendoakan yang terbaik untuknya," pungkas Juventus. (eurosport/Z-1)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat