visitaaponce.com

Southgate Khawatir Pemain Utama Inggris Belum Siap Berlaga di Piala Eropa

Southgate Khawatir Pemain Utama Inggris Belum Siap Berlaga di Piala Eropa
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.(AFP)

TIM nasional Inggris menderita kekalahan mengejutkan dari Islandia di Wembley pada Sabtu (8/6) dalam pertandingan uji coba terakhir mereka sebelum Piala Eropa 2024. Kondisi itu meningkatkan keraguan tentang seberapa siap skuad asuhan Gareth Southgate untuk turnamen yang akan berlangsung di Jerman pada 14 Juni 2024 hingga 15 Juli 2024.

Gareth Southgate memiliki sejumlah masalah signifikan yang harus dihadapi, sebagian besar berada di luar kendalinya. Kekalahan dari Islandia di kandang sendiri tidak bisa dianggap hanya sekedar sekejap. Itu menjadi peringatan dan sinyal adanya masalah yang lebih luas yang coba diatasi oleh Southgate.

Skysports menulis sejumlah pemain berjuluk The Three Lions terguncang oleh buruknya performa mereka akhir-akhir ini. Mereka akan menganggap kekalahan ini sebagai faktor motivasi dan pengingat bahwa dibutuhkan lebih banyak usaha dan kerja keras untuk memenangkan Piala Eropa. 

Baca juga : Gareth Southgate Tegaskan Harry Kane tidak Sabar Tampil di Piala Eropa 2024

Southgate mengatakan para pemainnya tidak cukup menunjukkan karakter saat berlaga di Wembley menghadapi Islandia.  Terlalu banyak pemain kunci Inggris yang cedera, kurang mendapat waktu bermain, atau hanya kelelahan.

Harry Kane yang menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa timnas Inggris itu melewatkan tiga pertandingan terakhir bersama Bayern Muenchen karena masalah punggung. Jelas bahwa cedera punggung itu masih mengganggunya dan dia masih jauh dari kebugaran seperti biasanya.

Kapten Inggris ini telah mencetak 49 gol untuk klub dan negaranya musim ini. Itu adalah beban kerja yang berat bagi seorang pria yang akan berusia 31 tahun bulan depan dan sedang menjalani perawatan karena cedera ringan.

Baca juga : Inggris Kalahkan Malta di Stadion Wembley

Kemudian Phil Foden, pemain terbaik Liga Primer musim ini belum mampu meniru performa luar biasanya untuk Manchester City dengan seragam Inggris. 

Desakan yang muncul adalah dia tidak akan ditempatkan di sayap kiri, melainkan sebagai pemain tengah nomor 10. Itu adalah posisi yang dia mainkan melawan Islandia. Dia menjadi semakin terisolasi dan tidak efektif. Inggris gagal mencetak gol dan kalah.

Satu-satunya kesempatan lain Foden memainkan peran tersebut untuk Inggris adalah pada November, ketika Bellingham cedera. Foden juga kesulitan saat itu, dan Inggris bermain imbang 2-2 di Makedonia Utara.

Baca juga : Harry Kane Siap Pecahkan Rekor Gol di Timnas Inggris

Pemain lainnya yang dikhawatirkan Southgate ialah Jude Bellingham yang menjalani musim luar biasa dan dianggap sebagai salah satu talenta terbaik di dunia sepak bola. Dia memenangkan Trofi Kopa setelah terpilih sebagai pemain U21 terbaik di dunia sepak bola dan dia juga pemain muda terbaik UEFA musim ini.

Dia membantu Real Madrid meraih gelar Liga Champions bersama dua trofi domestik lainnya. Dia berhasil mencetak 23 gol dan 13 assist di musim pertamanya di Spanyol.

Pemain berusia 20 tahun yang telah memainkan 101 pertandingan untuk klub dan negaranya dalam dua musim terakhir. Southgate tahu dia kelelahan. itulah sebabnya dia memberinya libur seminggu penuh sebelum Piala Eropa 2024. Southgate berharap agar pemainnya itu beristirahat dan siap tampil di Jerman. (Skysports/P-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat