visitaaponce.com

Indonesia vs Filipina Shin Tae-yong Tegaskan Wajib Menang

Indonesia vs Filipina: Shin Tae-yong Tegaskan Wajib Menang
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong.(ANTARA/MUHAMMAD ADIMAJA)

TIMNAS Indonesia melakoni laga penentuan pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 menghadapi Filipina di Stadion Utama GBK, Jakarta, Selasa (11/6) malam. Kemenangan menjadi wajib untuk dipetik skuad Garuda demi lolos ke putaran ketiga.

Poin penuh diincar tim Garuda agar lolos dan tak bergantung dengan hasil laga Irak kontra Vietnam. Di klasemen Grup F, tersisa Indonesia dan Vietnam yang berebut posisi runner up untuk menemani Irak.

Peluang Indonesia sejatinya lebih besar karena saat ini di klasemen masih unggul satu poin dari Vietnam. Indonesia di atas kertas juga lebih difavoritkan melawan Filipina.

Baca juga : Jay Idzes Yakin Timnas Indonesia Tetap Kuat Meski Jordi Amat Absen

Meski begitu, pelatih Shin Tae-yong menegaskan timnas tak menganggap enteng lawan. Apalagi, skuad Filipina juga akan berbeda dari pertemuan pertama November tahun lalu dengan masuknya pemain-pemain baru.

"Tidak ada tempat lagi untuk kita mundur, kita tidak boleh mundur. Tim Filipina meski tidak lolos mereka pasti akan berjuang keras. Kita juga akan bekerja semaksimal mungkin agar kita bisa memberikan kemenangan kepada para fans sepak bola Indonesia," kata Shin dalam jumpa pers jelang laga di Stadion GBK, Senin (10/6).

"Di grup kita saat ini yang punya peluang lolos hanya Irak, Vietnam, dan Indonesia saja. Irak sudah lolos dan Indonesia lebih besar peluangnya untuk lolos ke babak ketiga daripada Vietnam. Apalagi kita bertanding di kandang," imbuh juru taktik asal Korea Selatan itu.

Baca juga : Jadwal Lengkap 2 Laga Indonesia Melawan Irak dan Filipina

Gol cepat di babak pertama bakal krusial bagi Indonesia untuk memberi kepercayaan diri dan memudahkan permainan. Hal itu berkaca dari laga melawan Irak ketika Indonesia dominan di babak pertama dengan beberapa peluang emas namun gagal menjadi gol kemudian laga menjadi lebih sulit.

Shin memohon dukungan dan kepercayaan dari masyarakat Indonesia untuk mendukung timnas. Meski di laga sebelumnya kalah melawan Irak, dia menegaskan motivasi para pemain tak berkurang. Dia meyakinkan persiapan tim sudah matang.

"Saya sudah menganalisa permainan Filipina ketika melawan Vietnam. Saya tidak bisa mengungkapkan analisa dan cara mengantisipasinya di sini. Tidak perlu khawatir karena sudah selesai analisa tim Filipina," tambahya.

Baca juga : Shin Minta Timnas tidak Ulangi Kesalahan Individu saat Melawan Filipina

Dari susunan pemain, hanya Jordi Amat yang dipastikan absen karena kartu merah di pertandingan melawan Irak. Jay Idzes bakal mengisi posisi bek tengah yang ditinggalkan Jordi. Shin Tae-yong juga berpeluang untuk menurunkan pemain baru yakni Calvin Verdonk di sisi bek sayap kiri.

Prediksi Line Up Indonesia Vs Filipina

Indonesia (3-4-3)

Baca juga : Filipina Incar Kemenangan Lawan Indonesia di GBK Besok

Ernando Ari, Rizky Ridho, Jay Idzes, Justin Hubner, Calvin Verdonk, Sandy Walsh, Nathan Tjoe A On, Thom Haye, Marselino Ferdinan, Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick

Filipina (4-2-3-1)

Neil Etheridge, Jesper Nyholm, Santiago Rublico, Adrian Ugelvik, Scott Phillip, Galang Woods, Kevin Ingreso, Michael Baldisimo, Alex Monis, Zico Bailey, Dylan Demuynck, Patrick Reichelt

(Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat