visitaaponce.com

Astronom Sepakat Usia Alam Semesta Hampir 14 Miliar Tahun

Astronom Sepakat Usia Alam Semesta Hampir 14 Miliar Tahun
Orbit bintang-bintang sangat dekat dengan lubang hitam supermasif di jantung Bima Sakti.(AFP/European Southern Observatory)

PARA astronom mengungkapkan bahwa umur alam semesta saat ini mencapai 13,77 miliar tahun. Pengamatan dilakukan dengan menggunakan Teleskop Kosmologi Atacama (ACT) dari National Science Foundationdari di observatorium di Gurun Atacama Chili.

Dari alat itu, mereka melihat cahaya tertua di alam semesta. Perkiraan ACT cocok dengan model standar alam semesta dan pengukuran cahaya yang sama oleh satelit Planck Badan Antariksa Eropa. Mereka mengukur sisa-sisa Big Bang dari 2009 hingga 2013.

Baca juga: Peradaban Alien Diperkirakan Mati Bunuh Diri

 

Penelitian itu dipublikasikan di Journal of Cosmology and Astroparticle Physics.
"Sekarang kami telah menemukan jawaban bahwa Planck dan ACT sama-sama setuju," kata peneliti di Pusat Astrofisika Komputasi Institut Flatiron, Simone Aiola.

"Ini menunjukkan fakta bahwa pengukuran yang sulit ini dapat diandalkan," imbuhnya.

Baca juga: Ternyata Lubang Hitam di Pusat Bima Sakti Lebih Dekat dengan Bumi

 

Pada 2019 tim peneliti yang mengukur pergerakan galaksi menghitung bahwa alam semesta berusia ratusan juta tahun lebih muda dari perkiraan tim Planck. Perbedaan itu menunjukkan bahwa model baru untuk alam semesta mungkin diperlukan dan memicu kekhawatiran bahwa salah satu rangkaian pengukuran mungkin keliru. (Phys/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat