visitaaponce.com

Mengulik Performa Ponsel Gaming Infinix Hot 10S

Mengulik Performa Ponsel Gaming Infinix Hot 10S  
Ponsel Infinix Hot 10S(MI/Dero Iqbal Mahendra)

INFINIX berkolaborasi dengan Moonton yang mengembangkan Mobile Legends Bang Bang meluncurkan ponsel khusus bagi para gamers di Indonesia yakni Infinix Hot 10S. 

Dengan banderol harga yang pas dikantong sekitar Rp2.099.000 menjadi sebuah opsi menarik bagi para gamers yang ingin mendapatkan ponsel gaming dengan performa wah yang pas di kantong. Media Indonesia pun berkesempatan untuk mencoba secara langsung performa Infinix Hot 10S varian hitam.

Desain 

Bentuk kolaborasi antara Infinix dengan Moonton langsung terlihat dari desain belakang ponsel yang menampilkan warna glossy hitam dengan garis geometris dan tulisan besar Legendary yang tertulis secara horizontal. 

Istilah tersebut merupakan istilah populer di Mobile Legend yang diberikan bagi pemain terhebat yang berhasil melakukan kill hingga delapan kali tanpa mati dalam suatu pertandingan.

Desain tersebut dicetak dengan menggunakan material yang agak timbul. Meski begitu, tulisan yang ada tidak akan mudah terkelupas.

Selain itu terdapat panel untuk pemindai sidik jari di tengah atas dan juga modul tiga kamera yang tidak terlalu menonjol lengkap dengan lampu flash LED 

Secara ukuran, ponsel ini cukup lebar untuk memberikan tampilan game yang memuaskan. Dengan layar panel LCD berbasis IPS berukuran 6,82 inci memberikan kepuasan saat bermain gim. 

Body ponsel ini tidak terlalu tebal dan dengan bobot yang tidak terlalu berat sehingga nyaman untuk bermain game. Dengan resolusi layar 720 x 1.640 piksel dan refresh rate tinggi 80 Hz membuat pengalaman gaming yang memuaskan

Pada bagian bawah terdapat port audio 3.5mm, mikrofon, port micro USB, dan speaker. Sisi kanan terdapat tombol daya dan volume yang uniknya memiliki fitur button mapping sebagai tombol tambahan saat bermain game. 

Di sisi Untuk slot kartu SIM dan microSD, Infinix meletakannya di sisi kiri. Slot tersebut tidak bersifat hibrida, sehingga terdapat masing-masing tempat untuk SIM 1, SIM 2, dan microSD.

Sayangnya Infinix Hot 10S masih mengandalkan Micro USB, di saat ponsel lain di kelasnya sudah beralih ke USB-C. 

Antar Muka dan Fitur

Infinix Hot 10S menggunakan antarmuka XOS 7.6 dengan berbasiskan Android 11. Proses booting dapat dikategorikan cukup singkat dan tampilannya cukup berbeda dengan tampilan ponsel lainnya sehingga memberikan kesan dan pengalaman berbeda. 

Salah satu tema bawaan yang disediakan adalah tema Mobile Legends: Bang-Bang. Tema ini cukup keren seperti tampilan desain sampul kardus ponsel karena bertemakan Mobile Legends : Bang Bang.

Baca juga : Ini Cara Mengatur Ulang iPhone agar Data Terhapus Bersih   

Dengan mengusung tema smartphone for gamers sejumlah fitur unggulan memang disematkan untuk menunjang performa dan pengalaman bermain gim. Salah satu fitur unggulannya adalah game zone yang menjadi kanal utama dari semua game yang terpasang.

Fitur ini juga dapat langsung diakses saat kita bermain gim dengan menyediakan side bar yang berisi fitur screenshot maupun screen recorder hingga Magic Button yang merupakan key mapping dengan menggunakan tombol volume di dalam game bisa sebagai tombol tambahan untuk fungsi atau fitur di dalam game. Fitur ini sekaligus menjadi ciri khas dari ponsel khusus gaming dan bukan di ponsel mainstream. 

Saat memainkan gim di dalam game zone secara otomatis fungsi Boosting dari Infinix Dar-Link berjalan. Fitur tersebut akan meningkatkan performa CPU, GPU, jaringan atau network dan memori atau RAM. Fitur ini didukung oleh HyperEngine dari prosesor MediaTek yang digunakan.

Dar Link akan tampil berupa side bar pop up yang muncul saat di geser dari pojok kanan ponsel, di dalamnya akan menampilkan beragam icon untuk meningkatkan pengalaman bermain gim. Mulai dari tombol agar ponsel tidak menampilkan notifikasi ketika ada pesan masuk atau menolak jika terdapat panggilan masuk hingga screen shoot maupun streaming recording.

Game Zone juga menyediakan fitur parenting control atau pengawasan orang tua. Jadi aplikasi game bisa dikunci dengan kata sandi atau pin untuk aksesnya serta ada notifikasi berkala yang bisa diatur agar permainan tidak terlalu lama.

Kamera 

Menjadi ponsel spesialis gim bukan berarti unit ini tidak memperdulikan fasilitas kameranya. Sebaliknya diluar ekspektasi, smartphone ini mampu memberikan kamera yang cukup canggih dan fitur AI yang menunjang pengambilan gambar.

Infinix Hot 10S memberikan kamera canggih dengan tiga kamera belakang berupa kamera utama 48MP, kamera depth sensor 2MP, dan kamera teknologi AI. Sedangkan untuk kamera depan disediakan kemampuan 8MP.

Saat Media Indonesia mencoba kemampuan kameranya mencoba kemampuan kameranya tanpa mengaktifkan mode 48MP dengan fitur HDR memberikan hasil yang cukup baik.

Kemampuan mode malam di kameranya mampu menghasilkan foto dengan warna terang dan cukup bagus dengan bantuan AI. Namun yang paling memuaskan adalah mode super malam yang mampu menampilkan gambar yang keren namun tidak terlalu agresif. 

Performa Gaming 

Karena Infinix Hot 10S menggadang tema smartphone for gamers, Media Indonesia pun secara khusus mencoba perbedaan dalam menjalankan gim, dalam hal ini Mobile Legend Bang Bang. Dalam menjalankan gim layar cukup responsif dan berjalan lancar tanpa kendala maupun lag. Bahkan saat dicobakan dengan jaringan yang tidak stabil, masih mampu memainkan permainan tanpa lag. 

Dukungan dengan prosesor gaming MediaTek Helio G Series, yakni MediaTek Helio G85 mampu memberikan dukungan bagi gamers saat memainkan gimnya bahkan dengan efek permainan dan grafis yang tinggi. Layar panel LCD nya juga berjalan dengan lancar dan cukup smooth saat menggerakkan karakter dengan baik.

Saat dicobakan dengan grafis yang detail dan tinggi pun Infinix Hot 10S mampu memberikan pengalaman bermain yang baik. Begitu juga saat dicobakan dengan game first person shooter mampu bergerak dengan lancar tanpa kendala. 

Selama bermain gim, bagian belakang ponsel tidak terasa panas dan hanya hangat. Rasa hangat yang dirasakan pun masih dalam kategori wajar dan nyaman saat memainkan game sekian jam. 

Performa Baterai

Bermain gim mobile umumnya membutuhkan dukungan daya yang tahan lama agar bermain game dengan jangka waktu yang lama. Infinix Hot 10S memiliki kapasitas baterai 6.000 mAh. Dengan kapasitas sebesar ini gamers dijamin dapat bermain dengan waktu yang lebih lama.

Terlebih salah satu fitur di baterai ini adalah fungsi optimalisasi penggunaan baterai, sehingga user dapat bermain gim dengan lebih lama tanpa mengisi ulang berkali-kali. 

Saat digunakan bermain selama 30 menit kapasitas batera yang berkurang adalah 5%, sedangkan untuk bermain selama 1 jam, baterai yang terpakai sebesar 11%. Bila ponsel terisi penuh dan digunakan bermain seharian, anda bisa bermain kurang lebih 9-9,5 jam nontrsop. 

Selain bermain gim, saat digunakan untuk menonton streaming , untuk durasi 30 menit baterai yang terpakai sebanyak kurang lebih 3%. Bila menonton selama satu jam dibutuhkan sekitar 7% baterai 

Salah satu fitur yang menarik dan mendorong keawetan baterai dari ponsel ini adalah fitur teknologi pengisian daya yang aman, yang secara otomatis mematikan daya saat ponsel pintar mencapai daya penuh. Dengan fitur ini anda tidak perlu lagi khawatir baterai akan menurun kualitas performanya karena terlalu lama di charger.

Sayangnya, baterai 6.000 mAh yang besar tidak didukung pengisian cepat dan hanya mengandalkan pengisian berdaya 10W.

Kesimpulan :

Sebagai ponsel yang digadang menjadi ponsel gaming terbaik, harga Rp2 jutaan menjadi cukup murah terlebih dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan untuk entertaiment dan fungsi gamenya. 

Dengan dukungan RAM 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB ini menjadi suatu keunggulan dengan harga yang ditawarkan.

Performa memuaskan dengan tambahan kamera yang cukup canggih tidak membuat ponsel ini mengecewakan. Meski ada sejumlah kekurangan, namun hal itu masih dalam taraf wajar dan cukup minor. 

(OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat