visitaaponce.com

Jual Karya Seni Bisa Melalui Teknologi Blockchain

Jual Karya Seni Bisa Melalui Teknologi Blockchain
NFT menjadi idola baru di dunia cryptocurrency.(DOK IST)

BANYAK orang di Tanah Air pasti sudah tahu soal blockchain, teknologi yang digunakan di cryptocurrency.

Teknologi tersebut terbilang sangat tepat untuk menghindarkan setiap data yang disimpan dari kejahatan pemalsuan maupun pencurian data. Secara umum, Non-fungible Token, atau yang lebih dikenal dengan NFT merupakan suatu teknologi blockchain.

Semua aset digital, bisa disertakan dengan data maupun copyright. Sehingga semua pemilik gambar, foto, video, maupun karya virtual lainnya, bisa menyimpan data-data yang dimiliki berkaitan dengan karyanya tersebut, ke dalam sebuah buku besar, bernama blockchain.

“Apa itu NFT? Non-fungible token atau disebut NFT, adalah aset digital unik yang hidup di internet dan dikelola dengan distributed ledger technology (DLT). Aset-aset digital ini memiliki nilai tertentu, lengkap dengan sertifikat keasliannya yang permanen yang tidak dapat dibatalkan. Oleh karena itu, meskipun ada secara online, aset tersebut tidak akan pernah bisa digandakan”, ujar Jimmy Saputra, selaku CEO PT Tiga Token Digital.

Kini NFT telah digunakan dalam sebuah marketplace khusus penjualan karya-karya dari para seniman, content creator, digital art dan yang lainnya. Salah satunya ialah Neftipedia, yang berada di bawah naungan PT Tiga Token Digital.

Baca juga: Cryptocurrency dan Blockchain Bisa Jadi Masa Depan Sistem Pembayar

Dikutip dari akun @neftipedia di Instagram, melalui Neftipedia, para seniman dan pelaku seni, diberi kebebasan untuk memasarkan karya mereka dengan pasaran yang lebih luas lagi. Bahkan bisa menjangkau kawasan negara-negara di dunia. Karya-karya tersebut bisa berupa gambar, video, foto, maupun karya visual lainnya.
 
Selain itu sebagai marketplace NFT pertama di Indonesia, Neftipedia yang bisa diakses via neftipedia.com juga memberikan penawaran yang menarik lainnya.

Diantaranya yaitu, setiap seniman yang memasarkan karyanya di marketplace akan diberikan kesempatan untuk mentokenisasi karya mereka, sehingga bisa menjadi lebih otentik.

Neftipedia sendiri memberikan banyak pilihan media artworks yang bisa ditokenisasi. Seperti gambar digital, video, GIF, hingga barang-barang koleksi, Bahkan ke depannya, Neftipedia juga berencana untuk memasukkan kategori fashion, musik, kendaraan, dan properti. (R-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat