visitaaponce.com

Pengertian Search Engine, Fungsi, Cara Kerja, dan Macam

Pengertian Search Engine, Fungsi, Cara Kerja, dan Macam
ilustrasi mesin pencari(freepik.com)

SEARCH Engine atau mesin pencari sudah pasti digunakan oleh banyak orang. Hampir segala hal dapat ditemukan dengan search engine. Contohnya seperti ingin mencari lirik lagu, ingin mencari informasi terbaru terkait ekonomi dan lain-lain.

Pengertian Search Engine

Search engine adalah sebuah program berbasis web yang bertujuan untuk mencari infromasi di dalam World Wide Web (www). Dengan memasukkan kata kunci yang ingin dicari, Anda dapat menemukan informasi yang ingin didapatkan.

Fungsi yang Dimiliki Search Engine

Pada dasarnya, search engine berfungsi sebagai alat untuk menyediakan informasi bagi semua orang. Hal ini sesuai dengan cara kerja search engine yaitu mendaftar/mengindeks/mendata (atau biasa dikenal dengan crawling) situs yang ada di internet.

- Mengindeks alamat dan konten di situs web
- Menyediakan informasi melalui kata kunci
- Media pemasaran

Cara Kerja Search Engine

1. Crawling

Crawling dapat diartikan sebagai proses yang digunakan mesin pencari yakni bots atau spiders. Kedua proses mesin pencari tersebut bisa dimanfaatkan untuk melakukan kunjungan dan download pada sebuah halaman dan mengekstrak link dengan tujuan menemukan halaman tertentu.

2. Indexing

Di proses ini, URL akan ditemukan secara bersamaan dengan sebuah angka yang relevan sesuai bentuk sinyal yang diberikan. Proses index menggunakan sinyal yang terdiri dari 4 jenis yaitu kata kunci atau keywords, tipe konten yang pernah dilakukan penjelajahan dengan menggunakan Schema microdata dan informasi yang masuk ke dalam halaman tersebut, kebaruan dari halaman tersebut atau waktu terakhir dilakukan update, dan kapan terakhir kali halaman tersebut dikunjungi oleh pengguna atau bagaimana proses interaksi pengguna lain dengan menggunakan halaman web.

3. Ranking

Selanjutnya search engine akan melakukan ranking atau membuat daftar hasil berdasarkan yang paling relevan dengan kata kunci. Peringkat teratas adalah hasil pencarian yang paling relevan yang mengandalkan sistem algoritma. Algoritma dapat berubah sewaktu-waktu, selalu berkembang, dan akan selalu diikuti oleh para pengguna mesin pencari untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan tujuan bisnis mereka.

Macam-Macam Search Engine:

1. Google - dikembangkan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada 1997 dan merupakan search engine terbesar di dunia sejauh ini.

2. Bing atau Microsoft Bing – merupakan mesin pencari default dari PC yang berbasis Windows

3. Yahoo! – merupakan mesin pencari default dari browser Firefox

4. Baidu – search engine yang populer di Tiongkok dan didirikan oleh Robin Li dan Eric Xu pada tahun 2000.

5. Duck Duck Go - Duck Duck Go tidak memiliki indeks pencarian sendiri, melainkan menggunakan berbagai sumber.

6. Yandex – memiliki urutan 30 website paling populer menurut ranking Alexa.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat