visitaaponce.com

Opera Siapkan Opera One, Dilengkapi AI dan Fitur Manajemen Tab

Opera Siapkan Opera One, Dilengkapi AI dan Fitur Manajemen Tab
Opera berencana memperkenalkan browser atau peramban Opera One pada akhir tahun ini.(123RF)

Opera memperkenalkan browser atau peramban Opera One  yang nantinya akan menggantikan peramban andalan perusahaan yang lama pada akhir tahun ini.

Berdasarkan laman resmi Opera, Opera One akan menghadirkan beberapa perubahan dari peramban lama, seperti user interface atau tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna yang diperbarui, integrasi dengan artificial intelligence chatbots, dan fitur manajemen tab.

Dari segi tampilan, Opera One menampilkan peramban dengan bentuk yang lebih bulat untuk elemen UI, seperti tab, address bars, dan side bar. Namun, desain dan tata letak menu di Opera One masih identik dengan versi browser saat ini.

Opera yang bermarkas di Oslo, Norwegia, itu mengklaim Opera One adalah browser utama berbasis chromium pertama yang mengimplementasikan multithreaded compositor. Ini akan meningkatkan kinerja untuk animasi UI, yang cukup banyak dimiliki oleh browser baru.

Fitur baru lainnya dalam Opera One adalah Opera Tab Islands. Ini adalah fitur manajemen tab yang ditemukan di beberapa browser lain yang memungkinkan Anda membuat grup tab.

Grup ini dapat dibuka atau diciutkan untuk menghemat ruang dan mengkategorikan situs yang diakses pengguna. Tab Islands akan membuat grup otomatis setiap kali pengguna membuka tautan dari situs saat ini di tab baru atau dapat dibuat secara manual dengan menyeret tab. Grup tab dapat disimpan atau ditutup bersama.

Selanjutnya, Opera juga telah mengintegrasikan ChatGPT dan ChatSonic dalam fitur sidebar yang memungkinkan pengguna membuka kedua layanan di jendela kecil di samping. Ada juga fitur AI Prompts terintegrasi yang memberikan saran untuk mempersingkat artikel, menyoroti poin, membuat tweet, dan sebagainya.

Opera One saat ini tersedia dalam versi 'akses awal' dan akan menggantikan Opera standar untuk Windows, macOS, dan Linux yang direncanakan dilakukan pada akhir tahun ini.(faj)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat