visitaaponce.com

Itjen Kemnaker Mengoptimalkan Teknologi dalam Pengawasan

 Itjen Kemnaker Mengoptimalkan Teknologi dalam Pengawasan
Rapat Kerja bertajuk 'ITJEN ready for the next level : Becoming Trusted Advisor and Professional Internal Audit' di Bogor, Selasa (2/6)(Dok. Kemnaker)

INSPEKTORAT Jenderal (Itjen) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengungkapkan komitmennya untuk secara menyeluruh mengawasi jalannya program dan kegiatan di Kemnaker. Termasuk program strategis maupun kegiatan rutin di lingkungan tersebut.

Salah satu langkah penting yang harus diambil oleh para Auditor adalah meningkatkan kinerja Tim Itjen dengan mencari inovasi-inovasi dalam setiap kegiatan pengawasan.

Irjen Kemnaker Roni Dwi Susanto menegaskan bahwa para auditor di Itjen harus memiliki profesionalisme tinggi, memahami semua masalah yang ada, dan memiliki pengetahuan mendalam tentang kondisi dan aturan yang berlaku.

Baca juga : Tingkatkan Kebijakan K3 Tanah Air, Kemnaker Gandeng KOSHA

"Pola kerja pengawasan juga harus mengandalkan teknologi informasi dan komunikasi," ujarnya saat memberikan arahan dalam Rapat Kerja bertajuk 'ITJEN ready for the next level : Becoming Trusted Advisor and Professional Internal Audit' di Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (2/6) malam.

Roni Dwi Susanto berharap bahwa Raker Itjen 2024 dapat meningkatkan koordinasi, kolaborasi, dan sinergi yang efektif dan efisien, serta dapat menjadi panduan dalam pelaksanaan kegiatan Itjen pada tahun-tahun mendatang.

Ia menambahkan bahwa langkah lain yang diambil oleh Itjen Kemnaker untuk mengawasi program Kemnaker adalah merevisi perencanaan dan penganggaran tahun 2025 dengan lebih tajam, dengan prinsip Efektif, Efisien, dan Ekonomis (3E), Taat (Trust), dan Kebermanfaatan.

Ini termasuk tinjauan Rencana Kerja dan Anggaran Kemnaker, Pengawasan pengadaan Barang dan Jasa (PBJ), serta pemantauan penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK maupun Itjen.

"Tujuan dari Raker Itjen tidak hanya memberikan informasi mengenai metode dan kebijakan pengawasan Itjen, tetapi juga memperkuat sinergi di dalam lingkungan Itjen dan meningkatkan koordinasi efektif dengan unit kerja sebagai mitra dalam menjalankan program dan kegiatan di bidang ketenagakerjaan," tambah Roni. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat