visitaaponce.com

Mengenal Robot Trading, Cara Kerja, serta Kelebihan dan Kekurangan

Mengenal Robot Trading, Cara Kerja, serta Kelebihan dan Kekurangan
Ilustrasi.(Antara/Hafidz Mubarak A.)

ISTILAH robot trading menjadi populer belakangan ini karena kamu bisa memanfaatkannya untuk investasi. Namun demikian, kamu harus berhati-hati karena banyak kasus penipuan berkedok robot trading yang mengklaim dapat memberikan keuntungan dengan cepat dan mudah.

Padahal, tidak semua robot trading bisa memberikan keuntungan, lho. Yup, tak jarang robot trading juga membuat banyak penggunanya merugi. 

Apa itu robot trading?

Robot trading atau dengan istilah expert advisor (EA) merupakan software komputer yang dapat bekerja secara otomatis untuk memonitor pasar, melakukan perhitungan peluang entry, menempatkan transaksi, dan melakukan manajemen risiko berdasarkan algoritma yang ditanamkan pada basis programnya. Sistem ini tidak dapat berjalan sendiri. Sistem ini dikendalikan oleh seseorang di belakangnya. Pengendalinya harus memiliki pengetahuan tentang operasional robot trading dan instrumen investasi yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Baca juga: Microsoft Terapkan Kekuatan AI ke Excel dan Outlook

Robot trading merupakan alat bantu dalam trading sehingga tidak perlu dilakukan secara manual. Robot trading berisikan algoritma matematis yang ditanamkan dalam membuat robot untuk mengotomatisasi pengambilan keputusan jual beli trading. Sistemnya dibuat dan dikendalikan berdasarkan pendekatan dan kemampuan analisis pasar si pembuat.

Robot trading mampu melakukan analisis teknikal berdasarkan parameter indikator tertentu dan dapat beroperasi selama 24 jam nonstop. Dengan demikian, trader tidak melewatkan peluang trading meskipun pada jam-jam istirahat manusia. Kehadiran robot trading yang berjalan selama 24 jam nonstop menguntungkan trader dalam menemukan peluang di pasar. Robot trading dapat memindai pasar mendapatkan peluang berdasarkan parameter, melihat pergerakan pasar dan mengambil tindakan secara cepat dan tepat. 

Baca juga: Facebook Miliki 2 Miliar Pengguna Aktif Harian dari Seluruh Dunia

Robot trading hanya sebagai alat untuk melakukan perdagangan, sehingga bisa untung dan juga bisa rugi. Tidak akan ada keuntungan yang tetap dalam trading. Masyarakat yang ingin menggunakan robot trading ialah orang yang sudah memahami mekanisme trading, sehingga mengetahui risikonya.

Cara kerja robot trading

Pada prinsipnya cara kerja robot trading yaitu mencari peluang dari open sell, open trade, dan buy di pasar perdagangan. Sinyal pasar perdagangan yang ada akan membantu robot menggerakkan algoritma sehingga muncul perkiraan membeli atau menjual pada waktu tertentu. Sistem ini berlangsung secara otomatis dan update sehingga memudahkan para penggunanya untuk melakukan trading.

Robot ini dapat membantu menghasilkan keuntungan dalam jangka pendek. Namun, alat ini mampu bekerja dalam jangka panjang. Risikonya jika terjadi pergerakan harga yang tiba-tiba, risiko keuntungan bisa kecil atau bahkan terhapus.

Kelebihan dan kekurangan robot trading

Keuntungan robot trading.

1. Bisa banyak melakukan instruksi kerja dalam satu waktu.
2. Bebas dari pengaruh faktor emosi yang sering terjadi jika Anda melakukannya secara manual.
3. Proses berlangsung sepanjang waktu tanpa henti untuk mengamati proses perdagangan.
4. Update otomatis sehingga mempermudah pelaku trader melakukan pengamatan.

Kerugian robot trading.

1. Biaya mahal, mau trading harus modal dulu.
2. Tidak cocok untuk kondisi pasar yang fluktuatif seperti saham karena analogi alat ini bekerja secara linear.
3. Tetap harus memiliki skill trading yang baik, bahkan alat ini cocok untuk mereka yang sudah profesional.
4. Beberapa saham broker tidak memperbolehkan penggunaan robot trading.

Robot trading terbaik

Walaupun tidak terdaftar di OJK, saat ini ada beberapa rekomendasi robot trading terbaik yang jadi pilihan banyak orang. Apa saja jenis robot tersebut?

1. Kuning gratis.

Robot ini rilis pada 2017. Ia memiliki strategi sederhana tetapi lebih efektif. Menggunakan robot ini konon bisa meraih pendapatan yang stabil. Robot ini bisa mengurangi beban deposit dan jumlah margin bebas yang bisa lebih tinggi.

2. ScalPro.

Robot ini memiliki akurasi trading antara 70% hingga 80% dengan batasan risiko lebih fleksibel. Bisa kamu gunakan untuk kondisi jenis pasar apapun. Eksekusinya berlangsung secara otomatis sehingga bisa melakukan scalping.

3. Top Scalper FV.

Robot yang rilis di pasaran pada 2019 ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp700 ribu. Ratingnya saat ini sudah mencapai 4,2 dari 5.

Order Buy-Stop atau Sell-Stop dari robot ini posisi jaraknya pendek sehingga trader bisa meraih keuntungan dari pending order. Robot ini mampu mengelola keuntungan dan kerugian melalui cara-cara Stop-Loss, Take-Profit, Trail-Stop, dan lainnya.

4. Robot Forex GPS.

Robot ini lebih simpel proses install-nya sekaligus bisa bekerja empat kali lebih cepat dari versi sebelumnya.

5. Menghubungkan EA dratis

Trader ini bisa kamu gunakan di Meta Trader 4 yang bersifat gratis. Jangka minimal depositnya sekitar Rp7.100.000.

Ada banyak pilihan dan cara berinvestasi, tetapi pastikan cara dan jenis investasi tersebut memang aman dan memberikan keuntungan yang jelas.

Robot trading terdaftar di OJK?

Apakah ada robot trading yang terdaftar di OJK? Barangkali kamu bertanya soal ini untuk memastikan legalitas penggunaannya.

Perlu kamu catat bahwa robot trading tidak termasuk platform yang pengawasan nya di bawah OJK. Ya, dengan kata lain alat ini memang tidak berada di bawah pengawas Otoritas Jasa Keuangan. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat