visitaaponce.com

Website Jual Foto Online, Cara Fotografer Bisa Dapat Royalti

Website Jual Foto Online, Cara Fotografer Bisa Dapat Royalti
Ilustrasi fotografi(Freepik.com)

INTERNET dapat menjadi sumber penghasilan tambahan. Untuk fotografer, bahkan tersedia sejumlah website atau situs untuk menjual hasil jepretan

Pertama-tama Anda harus menentukan spesialis fotografi Anda. Tentukan audiens yang tepat untuk menarik pelanggan yang cocok dengan hasil foto Anda.

Berikut adalah beberapa ide foto yang dapat Anda potret.

  • Foto orang
  •  Bisnis
  •  Makanan
  •  Arsitektur
  •  Objek
  •  Alam

Baca juga : Kamera Pengawas ini Dilengkapi Teknologi AI

Kemudian foto yang Anda potret dapat Anda jual melalui website di bawah ini.

1. Shutterstock

Shutterstock sudah dikenal oleh banyak orang sebagai website jual foto online dengan jutaan pembeli dan kontributor di seluruh dunia. Platform ini memasarkan stock image, footage video, lagu audio, vektor dan model 3D bebas royalti. Sekarang, platform ini juga menawarkan layanan pembuatan konten end-to-end. 

Baca juga : Jawab Kebutuhan Pasar, Startup Niagahoster Inisiasi Digital Marketing Funnel

Sebagai kontributor Shutterstock, Anda akan bisa memperoleh keuntungan setiap kali pelanggan membeli lisensi produk digital Anda. Biaya royalti berkisar antara 15%–40%, tergantung pada tingkat penghasilan Anda. Misalnya, kontributor gambar level 1 menghasilkan 15% kalau menjual hingga 100 lisensi dalam satu tahun kalender. Kontributor gambar level 6 akan menghasilkan 40% royalti kalau menjual lebih dari 25.000 lisensi.

2. Getty Images dan iStock

Getty Images adalah platform dengan stock library yang sangat besar dan foto-foto berkualitas tinggi, serta populer di kalangan publisher dan brand.

Jika Anda ingin menjual foto di platform ini, maka Anda harus mengunduh aplikasi jual foto online ini lebih dulu, kemudian mengisi formulir dan mengirimkan 3 hingga 6 foto sampel untuk di-review. Editor akan menyortir foto-foto Anda berdasarkan potensi penjualannya untuk dimasukkan ke Getty Images atau cabang microstock miliknya, iStock.

3. Adobe Stock

Adobe Stock adalah salah satu website jual foto online populer lainnya. Untuk menjadi kontributor, Anda cukup membuat ID Adobe, mengakses portal kontributor, dan mengikuti langkah-langkah untuk mengaktifkan akun Anda. 

Namun, perlu diketahui bahwa platform ini memiliki quality control yang ketat dan memproses pengiriman foto berdasarkan sejumlah kriteria sebelum menyetujuinya untuk mendapatkan lisensi. Oleh karena itu, pastikan untuk mengirimkan karya terbaik Anda dan mengikuti pedoman kontributornya. 

Adobe Stock memiliki ketentuan non-eksklusif dan menawarkan biaya royalti flat 33% yang kompetitif. Setidaknya 45 hari setelah penjualan pertama dan penghasilan Anda sudah mencapai batas $25 (sekitar Rp370.000), Anda bisa meminta pembayaran.

4. Alamy 

Alamy adalah website jual foto online asal Inggris yang juga menerima konten lainnya seperti vektor, video, dan gambar panorama 360°. Website stock photography ini menawarkan pembayaran yang cukup besar, yaitu sekitar 40%–50% tergantung kontrak dan apakah Anda memiliki lisensi eksklusif atau non-eksklusif. 

Perusahaan ini membayar biaya royalti bulanan asalkan total saldo penghasilan Anda di atas $50 (sekitar Rp725.000). Fitur unggulan dari aplikasi Alamy adalah penawaran komisi 100% bagi pelajar untuk setiap lisensi gambar langsung yang terjual di platform ini dalam 2 tahun pertama sejak Anda menjadi kontributor.

5. 500px

500px merupakan website atau aplikasi jual foto online dengan lebih dari 16 juta anggota yang bekerja sama dengan partner distribusi untuk menjual konten berlisensi. Website ini menjual foto bebas royalti, sehingga pembeli cukup membayar sekali untuk menggunakan foto berkali-kali. 

Meskipun tidak bisa menetapkan harga sendiri, tetapi di 500px Anda bisa menjalin relasi dengan fotografer lainnya, mengadakan workshop, dan menarik audiens dengan Pulse algorithm. Tidak hanya itu, Anda juga berkesempatan mendapatkan ranking di galeri editor. Jadi, pastikan untuk mengirimkan karya terbaik Anda.

6. Etsy

Etsy memang lebih dikenal sebagai marketplace eCommerce yang menjual barang handmade. Namun, platform ini juga sangat cocok untuk menjual berbagai kreasi Anda, bahkan yang bukan item fisik. Etsy merupakan platform besar, sehingga tidak semua orang menggunakannya untuk membeli gambar. 

Oleh karena itu, Anda memerlukan usaha lebih untuk mempromosikan foto-foto Anda di platform ini. Tidak hanya itu, pastikan Anda menyesuaikan judul produk, deskripsi, dan tag gambar untuk menjual foto online di Etsy. 

Alangkah baiknya, gunakan Etsy Stats untuk melihat total jumlah kunjungan, penghasilan, dan traffic toko. Untuk mulai berjualan di Etsy, Anda bisa memasang iklan tiap item dengan biaya $0,20 (sekitar Rp3.000) dan biaya transaksi 5% plus biaya pemrosesan 3% + $0,25 (sekitar Rp3.700) untuk setiap penjualan.

7. Snapped4U

Snapped4U merupakan website stock photo bagi fotografer event, dan bisa dimanfaatkan sebagai aplikasi jual foto online. Setelah mendaftar, Anda akan mendapatkan halaman pribadi yang dapat digunakan untuk membuat berbagai galeri dan mengunggah foto dari event apapun yang Anda ikuti. 

Platform ini mudah digunakan oleh pembeli maupun fotografer. Bahkan, calon pembeli tidak perlu login untuk melihat karya Anda. Selain itu, fotografer bisa mengadakan pameran pribadi dengan membagikan URL yang dipersonalisasi.

8. Dreamstime

Dreamstime adalah website stock photo dengan komunitas yang mencapai 38 juta pengguna. Kontributor gambar bisa menghasilkan sekitar 20%–49,5% dari penjualan, tergantung level dan lisensi foto mereka. Kontributor eksklusif bisa mendapatkan penghasilan tambahan sebesar 60% untuk setiap penjualan, dan ekstra $0,20 (sekitar Rp3.000) untuk setiap kiriman foto yang disetujui.

Setelah akun Anda sudah mencapai batas $100 (sekitar Rp1.450.000), maka Dreamstime akan memberikan pembayaran Anda. Selain itu, Dreamstime menawarkan banyak program insentif kepada fotografer. Alangkah baiknya, perluas exposure Anda dengan menulis blog di Dreamstime, bergabung dengan kontes Assignment bulanan, atau mengirimkan gambar editorial agar disertakan ke halaman eksklusifnya.

9. Fotolia

Situs ini menawarkan rentang keuntungan 20-62 persen berdasarkan harga jual. Ketika makin banyak orang membeli fotomu, maka harganya makin tinggi. Pembayaran lewat Moneybookers atau PayPal.

10. Shutterfly

Galeri profesional di sini rata-rata menghasilkan 99-199 dolar AS per tahun. Komisi untuk tiap penjualan ditetapkan sebesar 15 persen ke atas. Pembayaran dilakukan langsung tiap bulan ke akun deposit yang kamu daftarkan.

Semoga bermanfaat!

(Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat