visitaaponce.com

10 Daftar Aplikasi Translate Inggris-Indonesia yang Lebih Akurat dari Google

10 Daftar Aplikasi Translate Inggris-Indonesia yang Lebih Akurat dari Google
Ilustrasi Google Translate(Dok. MI)

BAHASA adalah sistem komunikasi yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan makna melalui suara, tulisan, atau isyarat. Bahasa memungkinkan untuk berinteraksi, berkomunikasi, menyampaikan informasi, berbagi pikiran, emosi, dan pengetahuan dengan orang lain. 

Bahasa juga mencerminkan budaya, identitas, dan pemahaman dunia seseorang. Setiap negara atau daerah memiliki bahasa yang khas, dan ada juga bahasa-bahasa internasional yang digunakan untuk berkomunikasi antar bangsa.

Bagi seseorang yang tidak akrab dengan bahasa asing, belajar bahasa asing dapat menjadi tantangan. Ini melibatkan mempelajari tata bahasa, kosakata, pelafalan, dan pemahaman budaya yang terkait dengan bahasa tersebut. 

Baca juga : Membaca Masa Depan setelah Vision Pro

Orang yang mahir dalam bahasa asing memiliki keunggulan dalam berkomunikasi dengan orang-orang yang menggunakan bahasa tersebut dan dapat memperluas wawasan serta kesempatan dalam berbagai bidang.

Salah satu bahasa asing adalah Bahasa Inggris. Bahasa Inggris merupakan bahasa resmi di banyak negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Australia, dan sebagian besar negara-negara di wilayah Karibia.

Baca juga : Google Lens Mampu Identifikasi Kondisi Kulit

Bahasa Inggris memiliki peran yang penting dalam berbagai bidang, seperti komunikasi internasional, bisnis, pendidikan, teknologi, dan media.

Dalam mempermudah pembelajaran Bahasa Inggris, terdapat beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan. Berikut kami bagikan 10 aplikasi penerjemah antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

1. Google Translate

Google Translate adalah salah satu produk dari Google yang banyak digunakan sebagai alat penerjemah bahasa Inggris. Anda dapat mengunduhnya secara gratis. Tidak hanya bahasa Inggris, Google Translate juga dapat menerjemahkan lebih dari 100 bahasa. Bahkan, Google Translate dapat digunakan tanpa koneksi internet.

Google Translate juga tidak memerlukan fitur pro atau berlangganan premium. Semua fitur seperti kamera, tulisan tangan, mode percakapan, dan buku frase sudah tersedia secara gratis. Meskipun demikian, terkadang aplikasi ini tidak dapat menerjemahkan teks atau ucapan dengan akurat, sehingga mungkin terjadi kesalahan.

2. iTranslate

iTranslate adalah salah satu aplikasi penerjemah bahasa Inggris yang populer di Google Play Store. Diklaim sebagai yang terdepan, iTranslate adalah aplikasi penerjemah bahasa yang mudah digunakan dengan antarmuka pengguna yang ramah.

iTranslate tidak hanya mampu menerjemahkan bahasa Inggris ke Indonesia, tetapi juga dapat menerjemahkan teks ke lebih dari 100 bahasa lainnya. Selain itu, Anda dapat mendengarkan hasil terjemahan dalam suara pria dan wanita, serta dapat menerjemahkan berbagai dialek.

Kelebihan lainnya adalah kemampuan sebagai kamus dan tesaurus. Namun, berbeda dengan Google Translate, pengguna harus melakukan upgrade dan membayar untuk menggunakan fitur kamera untuk penerjemahan instan.

3. Triplingo

Aplikasi translate Inggris-Indonesia ini awalnya ditujukan bagi orang-orang yang melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri. Namun, Triplingo juga dapat digunakan untuk liburan. 

Karena itu, Triplingo dilengkapi dengan fitur yang dapat menerjemahkan ungkapan slang, menerjemahkan ucapan secara langsung, dan memberikan pelajaran singkat tentang budaya agar pengguna dapat beradaptasi langsung dengan kebiasaan dan adat istiadat.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan Wi-Fi dialer yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon. Namun, sayangnya, fitur ini hanya tersedia untuk nomor di Amerika Serikat. Aplikasi translate bahasa Inggris ke Indonesia ini telah meraih penghargaan Business Travel Innovation of The Year 2012 dari Fast Company.

4. Papago

Dalam bahasa Esperanto, Papago berarti burung beo. Burung ini memiliki kemampuan menirukan bahasa. Berdasarkan hal itu, aplikasi penerjemah bahasa Inggris buatan Naver Korea Selatan dinamakan Papago. 

Secara umum, Papago memiliki fitur yang sama dengan aplikasi penerjemah lainnya. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur, seperti penerjemahan teks, suara, dan bahkan dapat digunakan secara offline. Meskipun begitu, Papago lebih fokus pada penerjemahan bahasa-bahasa di Asia, termasuk bahasa Indonesia.

5. Easy Language Translator

Seperti namanya, aplikasi translate Inggris-Indonesia ini menawarkan kemudahan bagi mereka yang ingin belajar bahasa asing, terutama anak-anak sekolah dan mahasiswa. 

Easy Language Translator juga memiliki fitur antarmuka yang mudah digunakan bagi pengguna dan dapat mendengarkan terjemahan dengan cepat dan akurat. Selain itu, hasil terjemahan dari aplikasi praktis ini dapat digunakan dan disimpan dalam bentuk MP3.

6. Microsoft Translator

Microsoft Translator adalah aplikasi translate bahasa Inggris ke Indonesia untuk Android yang menawarkan fitur penerjemahan percakapan dengan banyak orang secara instan. 

Selain itu, Microsoft Translator dapat diakses secara gratis, praktis, tanpa koneksi internet, dan mampu menerjemahkan teks melalui pengambilan gambar menggunakan kamera hp Android. 

Pengguna juga dapat melihat transliterasi dalam lebih dari 60 bahasa untuk membantu pengucapan terjemahan, terutama dalam bahasa Mandarin.

7. DeepL Translate

Aplikasi berikutnya yang dapat Anda gunakan untuk menerjemahkan bahasa Inggris ke Indonesia adalah DeepL Translate. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari satu juta kali di Google Play Store dan mendapatkan rating 4,6 dari 5 bintang dari pengguna Android.

Menariknya, DeepL Translate memiliki ukuran file yang kecil, hanya sekitar 11 MB. Meskipun begitu, aplikasi ini banyak digunakan karena tingkat akurasi terjemahannya yang sangat baik. 

Selain itu, aplikasi DeepL Translate sangat sederhana dan mudah digunakan, sehingga cocok untuk pengguna Android yang baru pertama kali menggunakannya.

8. Hi Dictionary

Selain gratis, aplikasi Hi Dictionary hanya memerlukan ruang penyimpanan sekitar 16 MB untuk diunduh dari Google Play Store. Aplikasi ini sangat direkomendasikan, meskipun kecil, Hi Dictionary mengklaim dapat menerjemahkan lebih dari 100 bahasa, termasuk bahasa Jawa, Sunda, dan tentu saja bahasa Indonesia. 

Aplikasi ini dibuat oleh Fun and Hi Tool dan telah diunduh sebanyak 10 juta kali dengan rating 4,7 dari 5 bintang oleh pengguna Android.

9. Dict Box

Selanjutnya ada Dict Box, meskipun baru diunduh sekitar satu juta kali, aplikasi ini mendapatkan penilaian yang baik dari pengguna Android. Yang menarik, Anda tidak memerlukan koneksi internet untuk menerjemahkan kata atau kalimat dalam bahasa Inggris ke Indonesia.

10. Sederet

Sederet adalah aplikasi penerjemah yang dapat Anda pilih untuk menerjemahkan bahasa dengan baik dan akurat. Menariknya, aplikasi ini merupakan karya anak-anak Indonesia. M

eskipun saat ini Sederet hanya mampu menerjemahkan bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, Bahasa Indonesia ke bahasa Inggris, dan bahasa Inggris ke bahasa Inggris, aplikasi ini dapat menghasilkan terjemahan yang baik.

(RO/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat