visitaaponce.com

Layanan Generative AI AWS Dukung Pelaku Usaha Kembangkan Bisnis

Layanan Generative AI AWS Dukung Pelaku Usaha Kembangkan Bisnis
Chief Technologist at AWS (Amazon Web Services) in Asia Pacific, Olivier Klein(Ist)

PERUSAHAAN e-commerce Amazon telah banyak berinvestasi dalam pengembangan dan penerapan kecerdasan artifisial atau artificial intelligence (AI) serta machine learning (ML) selama dua dekade lebih.

Penerapan yang dilakukan Amazon baik untuk layanan yang ditujukan kepada pelanggan dan maupun operasional perusahaan sendiri.

Beberapa contohnya adalah mesin rekomendasi (recommendation engine) yang membuat pengalaman berbelanja di Amazon.com menjadi lebih tepersonalisasi, hingga robot berbasis AI yang mampu mengoptimalkan pengadaan di gudang-gudang Amazon.

Baca juga: Amazon Security Lake, Tren Sistem Keamanan Siber Lebih Cepat Respons Gangguan

"Saat ini, kita tengah menghadapi adopsi ML yang semakin meluas," kata Olivier Klein, Chief Technologist at AWS (Amazon Web Services) in Asia Pacific dalam keterangan pers, Senin (3/7).

Teknologi Artificial Intelligence Generatif 

Setiap bagian dari pengalaman pelanggan hingga berbagai aplikasi dapat ditafsirkan kembali dan ditingkatkan dengan teknologi AI generatif alias generative AI.

AWS akan mendukung gelombang kemajuan ini dengan memperluas akses terhadap AI generatif dari segi kemudahan, kepraktisan, serta efektivitas biaya.

Dalam menjalankan bisnis, pelanggan pun bisa menerapkan layanan AI generatif di ketiga lapisan pada ML stack, termasuk infrastruktur, tools ML, dan layanan-layanan AI yang dikembangkan secara khusus.

"Pendekatan kami terhadap AI generatif adalah berinvestasi dan berinovasi di ketiga lapisan generative AI stack agar teknologi ini tidak lagi sekadar dimanfaatkan dalam ranah riset," jelas Klein.

Baca juga: Lewat Solusi AWS, Layanan Kesehatan Digital Halodoc Sukses Jangkau 20 Juta Pengguna

AI generatif juga tersedia bagi pelanggan-pelanggan AWS yang meliputi perusahaan dan organisasi dari berbagai ukuran, sekaligus developer dengan beragam tingkat kemampuan.

Sejak awal berdirinya, menurut Olivier Klein, AWS fokus membuat ML lebih mudah diakses oleh pelanggan dari berbagai skala dan industri.

Telah Bantu 100 Ribu Pelanggan

"Menggunakan pendekatan yang sama, kami telah membantu lebih dari 100,000 pelanggan sampai saat ini untuk berinovasi menggunakan teknologi ML dan AI yang memiliki kapabilitas terbaik di industri dengan mudah, praktis, dan efektif secara biaya," jelasnya.

AWS juga menerapkan layanan AI generatif di ketiga lapisan pada ML stack, termasuk infrastruktur, tools ML, dan layanan-layanan AI yang dikembangkan secara khusus.

Baca juga: 

Dengan AWS, pelanggan diberikan fleksibilitas untuk menentukan bagaimana mereka ingin menerapkan AI generatif.

Klein menjelaskan apakah itu mengembangkan mesin faktorisasi (FM)mereka sendiri dengan infrastruktur ML yang dibangun khusus, memaksimalkan FM yang telah dilatih sebelumnya sebagai base model untuk membangun aplikasi mereka, atau menggunakan layanan dengan AI generatif bawaan tanpa perlu memiliki keahlian khusus dalam bidang FM.

Layanan AI Generatif AWS

Baru-baru ini, AWS menghadirkan empat inovasi baru untuk mendukung aplikasi AI generatif di AWS.

"Di lapisan paling bawah, kami meningkatkan efisiensi biaya pada teknologi AI generatif menggunakan infrastruktur terbaik di kelasnya dengan tersedianya Amazon EC2 Inf2 instances yang didukung oleh AWS Inferentia 2 chips," jelas Klein.

Instans Inf2 memiliki performa paling tinggi, efisiensi energi paling tinggi, serta memiliki konsumsi daya paling rendah untuk menjalankan pekerjaan-pekerjaan berat berupa inferensi AI generatif dalam skala besar di AWS.

Instans Inf2 memberikan output 4 kali lebih tinggi dan latensi hingga 10 kali lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya.

Untuk beban kerja inferensi, fitur-fitur ini mampu mendongkrak rasio performa dibandingkan harga hingga 40% lebih baik daripada instans EC2 lainnya.

Baca juga: Apple dan Amazon 'Berkomitmen' Kembangkan Bisnis ke Layar Lebar

Ditambah lagi, instans Amazon EC2 Trn1n yang diperkuat oleh AWS Trainium akan tersedia untuk pelanggan dalam waktu dekat.

Instans Trn1n memiliki lebar pita jaringan sebesar 1600 Gbps dan dirancang untuk memberikan performa hingga 20% lebih tinggi dibandingkan instans Trn1 sebelumnya untuk kegunaan pemodelan berskala besar dan menuntut beban kerja jaringan secara intensif.

Di lapisan tengah, kami mempermudah pengembangan aplikasi AI generatif dengan pra-peluncuran layanan terbaru, Amazon Bedrock, sebuah layanan terkelola yang membuat FM siap pakai dapat diakses dengan mudah melalui API.

Bedrock juga akan menyediakan Amazon Titan FM, rangkaian FM terkemuka di industri yang dikembangkan oleh AWS.

Baca juga: Microsoft dan Amazon PHK Total 28.000 Pekerja

Di lapisan teratas pada generative AI stack adalah Amazon CodeWhisperer yang kini tersedia untuk umum. CodeWhisperer tersedia secara gratis untuk setiap developer dan didukung oleh 10 bahasa pemrograman lainnya

Pada bulan Juni 2023, AWS memperkenalkan AWS Generative AI Innovation Center yakni sebuah program baru yang dirancang untuk membantu pengembangan serta penggunaan AI generatif bagi setiap pelanggan AWS di seluruh dunia.

"AWS menginvestasikan 100 juta dolar AS dalam rangka mempertemukan ahli AI dan ML dari AWS dengan para pelanggan dari berbagai belahan dunia guna membantu mereka memvisualisasikan, merancang, serta mengembangkan produk, layanan, dan aktivitas AI generatif terbaru," papar Klein. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat