visitaaponce.com

AWS Luncurkan Pembaruan Terbaru untuk Menguatkan Infrastruktur AI Generatif

AWS Luncurkan Pembaruan Terbaru untuk Menguatkan Infrastruktur AI Generatif
Logo AWS(Ist)

AMAZON Web Services (AWS) terus memperkuat komitmen dalam mendukung pengembangan aplikasi Artificial Intelligence (AI) generatif dengan fondasi yang kuat dan aman. Baru-baru ini, AWS mengumumkan serangkaian pembaruan signifikan pada beberapa layanannya.

Senior Worldwide Security Specialist AWS Kimberly Dickson, dalam acara virtual media briefing, Rabu (3/7), mengungkapkan AWS telah memperbarui empat layanan kunci mereka. 

Pertama, AWS Identity and Access Management (IAM). IAM mendukung passkey sebagai faktor autentikasi kedua untuk memberikan proses masuk yang lebih mudah dan aman di seluruh perangkat pengguna. 

Baca juga : Keterampilan di Bidang AI akan Sebabkan Karyawan Alami Kenaikan Gaji

Berdasarkan standar FIDO, passkeys menggunakan kriptografi kunci publik, yang memungkinkan autentikasi kuat dan tahan phishing sehingga lebih aman daripada kata sandi.

"Dengan PassKeys, Anda bisa memasukkan token keamanannya dari browser Anda ke perangkat password yang aman, dan ini adalah FIDO Authenticated," jelas Kimberly.

"Jadi pelanggan dapat menggunakan PassKeys untuk mengidentifikasi biometrik, untuk ID wajah, dan semua hal ini bisa digunakan untuk memasukkan perangkat keamanannya melalui akun AWS mereka," imbuhnya.

Baca juga : Di Tahun 2024, Perkembangan Kecerdasan Buatan (AI) Generatif akan Kian Masif

Kedua, Amazon GuardDuty. Ini merupakan layanan perlindungan yang ditingkatkan untuk memungkinkan pengguna memindai objek yang baru diunggah ke bucket Amazon S3 untuk potensi malware, virus, dan unggahan mencurigakan lainnya, sehingga pengguna dapat mengambil tindakan untuk mengisolasi objek tersebut sebelum terproses lebih lanjut.

Ketiga, AWS CloudTrail. Layanan ini juga mengalami pembaruan dengan penambahan kemampuan membuat kueri menggunakan bahasa alami. 

Dengan fitur ini, pengguna dapat menganalisa aktivitas AWS di CloudTrail Lake dengan lebih mudah, tanpa perlu menulis query SQL yang rumit. 

Baca juga : AWS Siapkan Pelatihan AI Generatif di Indonesia

Dengan demikian, "Menggunakan bahasa alami, pelanggan dapat mengajukan berbagai pertanyaan seperti, 'Beri tahu saya berapa banyak database yang dibuat tanpa mengaktifkan enkripsi'," ujar Kimberly.

Terakhir, Amazon SageMaker melalui layanan AWS Audit Manager telah diperbarui untuk meningkatkan praktik kerangka kerja dalam manajemen pembelajaran mesin (ML). 

Kimberly mengatakan "AWS Audit Manager memiliki kerangka praktik terbaik, kerangka kerja tersebut sebenarnya mempertimbangkan praktik terbaik di berbagai hal seperti kerangka keamanan siber NIST (National Institute of Standards and Technology), kerangka kerja NIST untuk AI, dan juga mempertimbangkan hal-hal seperti pengumpulan bukti untuk SOC 2".

Dengan pembaruan ini, AWS yakin bisa memperkuat posisinya sebagai penyedia infrastruktur terbaik untuk pengembangan aplikasi AI generatif di seluruh dunia. Pelanggan di berbagai negara kini dapat memanfaatkan layanan yang telah ditingkatkan ini untuk mendukung inovasi dalam teknologi AI mereka. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat