visitaaponce.com

Berkenalan dengan Sistem ERP, Bisa Sederhanakan Proses Bisnis

Berkenalan dengan Sistem ERP, Bisa Sederhanakan Proses Bisnis!
(TOTAL-ERP)

DIGITALISASI besar-besaran terjadi pada semua lini kehidupan, termasuk juga bisnis. Banyak bermunculan software atau aplikasi yang semakin mempermudah bisnis. Seperti halnya software Enterprise Resource Planning (ERP). Penyedia layanannya juga beragam, mulai dari software ERP Hashmicro, Total ERP, dan lain sebagainya.

Sudah menjadi rahasia umum jika semakin besar perusahaan yang dijalankan, maka akan semakin kompleks pula rangkaian proses bisnis yang perlu dilakukan. Baik itu pada bagian produksi, keuangan, bahkan sampai dengan perencanaan antar manajemen. Maka dari itulah sistem ERP sangat membantu.

Pengertian Sistem Software ERP

Software ERP sendiri merupakan sebuah sistem perangkat lunak yang dirancang untuk mengintegrasikan berbagai aktivitas bisnis perusahaan atau usaha. Secara singkatnya, software tersebut bisa mengotomatisasi berbagai proses bisnis dengan acuan data yang dikumpulkan.

Sistem software ERP biasanya digunakan untuk mengelola berbagai kegiatan bisnis seperti produksi, pengadaan barang, membantu perencanaan proyek, pengelolaan keuangan, manajemen sumber daya manusia (SDM), dan masih banyak lagi.

Data yang berada di sistem ERP nantinya bisa digunakan untuk bisnis yang lebih praktis. Melihat data terintegrasi lewat gadget dan bisa mengurangi human error atau duplikasi yang tidak perlu. Informasi yang didapatkan juga sangat akurat dan real-time dengan menggunakan satu sistem saja.

Manfaat dari Sistem Software ERP

Metode bisnis tradisional yang dulu, segera digantikan dengan cara-cara lebih praktis dan mutakhir. Sistem ERP perlahan-lahan menggantikan cara-cara konvensional yang tidak praktis dan menguras waktu. Inilah deretan manfaat menerapkan software ERP pada perusahaan Anda;

Data Terintegrasi dan Akurat

Berbagai data yang diperoleh perusahaan bisa diintegrasikan ke dalam sistem ERP. Misalnya untuk kebutuhan SDM, bisa dilihat secara gamblang, mulai dari daftar kehadiran, produktivitas, dan lain sebagainya. Data data yang masuk juga bisa terus diperbarui secara otomatis, sehingga selalu update. 

Kemungkinan duplikasi atau kesalahan lainnya bisa dengan mudah diminimalisasi. Artinya, data-data yang didapatkan juga akurat untuk kepentingan kemajuan perusahaan.

Bagus untuk Perencanaan dan Informasi

Berbagai data yang ada di sistem ERP ke depannya juga bisa dijadikan sebagai pertimbangan untuk perencanaan bisnis selanjutnya. Baik itu dalam hal penggunaan mesin, sumber daya manusia, dan lain sebagainya. Sehingga, data data tersebut bisa tepat sasaran dan menghasilkan keputusan yang lebih baik.

Informasi yang dikumpulkan bisa diolah secara terpadu, sehingga antara administrator bisa mendapatkan data-data yang seragam. Selain itu, bisa mendapatkan laporan sesuai dengan kebutuhan dengan lebih praktis lagi.

Tingkatkan Efisiensi dan Produktivitas

Adanya sistem ERP juga bisa meningkatkan efisiensi dan produktivitas para karyawan. Baik itu dalam melakukan quality control, pengiriman, penjualan, pemesanan, dan lain sebagainya. Sistem tersebut akan memangkas waktu sedemikian rupa, sehingga bisa lebih efisien.

Membentuk Standarisasi Prosedur

Dengan menerapkan sistem ERP pada perusahaan, juga bisa membentuk standarisasi prosedur yang dilakukan. Pekerjaan bisa lebih tertata dengan baik. Tidak ada lagi tumpang tindih antara satu divisi dengan yang lainnya. Semuanya sudah bisa diatur sedemikian rupa sehingga  jalanannya bisnis bisa lebih efektif.

Keamanan Data Perusahaan Semakin Baik

Jika masih menggunakan berbagai cara konvensional, data data perusahaan bisa bocor dengan mudah. Baik saat proses penggandaan data atau lainnya. Namun jika sudah mengusung sistem ERP, berbagai data vital perusahaan sudah bisa diamankan dengan lebih baik.

Para penyedia software ERP sudah memberikan pengamanan sedemikian rupa pada sistemnya. Memang benar, perangkat ERP bisa digunakan oleh banyak administrator sekaligus. Namun, hal tersebut bisa dipantau dengan mudah. Bisa juga pihak internal memberikan akses pada orang-orang yang berkepentingan saja.

Memangkas Biaya Operasional Perusahaan

Sistem perangkat lunak ERP ini bekerja secara otomatis, cepat, dan akurat. Bisa merangkap beberapa pekerjaan sekaligus. Maka dari itulah, perusahaan bisa menghemat biaya operasional dengan memangkas tenaga kerja yang melakukan pendataan secara manual. Seperti aktivitas pencarian data, pengiriman, dan lainnya juga bisa lebih sederhana.

Meningkatkan Hubungan Perusahaan dengan Klien

Dalam hal hubungan dengan pelanggan atau klien, sistem ERP juga sangat membantu. Pemberian informasi kepada pelanggan akan lebih cepat. Jadi jika ada pemesanan yang mendadak pun juga tidak akan ada masalah. Pelanggan tidak dibuat menunggu terlalu lama untuk masalah informasi.

Peluang Bisnis Semakin Luas

Satu lagi manfaatnya yaitu bisa membuka peluang bisnis yang semakin luas lagi. Berbagai data yang dimiliki di berbagai aspek operasional bisa menjadi penentu apakah bisnis bisa dikembangkan lebih besar atau tidak.

Jenis Sistem Software ERP

Sejauh ini ada tiga jenis ERP yang paling banyak digunakan oleh para perusahaan. Yaitu berbasis cloud, on-premise, dan hybrid.

Software ERP cloud merupakan sistem berbasis cloud, bisa software as a service atau SaaS, cloud milik pribadi, dan cloud milik publik. Dengan memilih jenis ini, bisa mengakses, menyimpan, atau memasukkan data ke device selama ada koneksi internet. Biasanya, adanya update, support, training, sampai kustomisasi didukung penyedia ERP.

Software ERP on-premise adalah sistem yang akan langsung diinstal pada server perusahaan atau kantor secara fisik. Ke depannya, perusahaan sendiri lah yang akan bertanggung jawab pada pemeliharaan sistem.

Software ERP hybrid yang merupakan gabungan dari sistem cloud dan on-premise. Servis atau pemeliharaan data tergantung pada provide software yang dipilih. Dengan memilih mode hybrid ini, perusahaan bisa memilih bermigrasi dengan mode on-premise atau cloud.

Berbagai Fitur Pada Software ERP

Fitur-fitur yang ditawarkan pada software ERP sangat beragam sekali. Beberapa di antaranya yang paling umum adalah Supply Chain Management, Pengelolaan Keuangan, Sumber Daya Manusia (SDM), Reporting, Customer Relationship Management (CRM), Otomatisasi atau Integrasi, sampai Penganalisisan Data.

Industri yang Memanfaatkan Software ERP

Banyak sekali industri yang bisa memanfaatkan software ERP. Pasalnya, software ini akan menghubungkan antara pekerjaan administratif dengan operasional. Tujuannya, bisa meningkatkan operasional dengan signifikan. Beberapa industrinya, mulai dari manufaktur, teknologi, ritel, perhotelan, konstruksi, distribusi, farmasi, dan lain sebagainya.
 
Demikianlah pembahasan tentang software ERP, mulai dari pengertian sampai dengan industri yang menggunakannya. Beberapa contoh penyedianya mulai dari HashMicro sampai dengan Total ERP. Jika tertarik dengan Total ERP, bisa cek langsung di total-erp.com. Bandingan dan pertimbangkan mana provider ERP terbaik versi Anda! (RO/S-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat