visitaaponce.com

Aplikasi Gem Space Hadir Penuhi Kebutuhan Video Konferensi dan Gratis

Aplikasi Gem Space Hadir Penuhi Kebutuhan Video Konferensi dan Gratis
Aplikasi Gem Space menyediakan fitur komunikasi pengguna seperti obrolan dan panggilan.(Ist)

AKSES komunikasi melalui situs web, grup media sosial, atau channel media sosial serta pengirim pesan instan telah menjadi bagian yang penting.

Tak terbayang bagi blogger, pengusaha, dan karyawan serta masyarakat umum jika sarana komunikasi digital itu mengalami kendala.

Sebagian besar komunikasi, baik terkait pekerjaan maupun pribadi, kini sudah lazim dilakukan melalui komunikasi dunia maya.

Baca juga: Video Conference Neat Hadirkan Pertemuan Virtual Terasa Nyata

Komunikasi via internet yang memiliki kecepatan akses, dan kemudahan pemakaian serta durasi yang lebih lama menjadi bagian yang esensial.

Seiring perkembangan kebutuhan, komunikasi melalui pengirim pesan instan atau melalui email sudah mulai jarang dilakukan dan berkurang.

Sebaliknya komunikasi melalui format konferensi video dinilai lebih interaktif sudah banyak digunakan. Tetapi video konferensi masih memiliki beberapa kekurangan.

Pembatasan Baru di Zoom

Selama pandemi, layanan konferensi video melalui aplikasi Zoom menjadi sangat populer. Banyak karyawan perusahaan yang harus pindah ke metode kerja jarak jauh. Kebutuhan akan layanan semacam itu menjadi sebuah kewajiban.

Baca juga: Aplikasi Zoom Terus Dikembangkan Penuhi Tuntutan Penggunanya

Zoom sempat menghapus batasan panggilan untuk dua orang tapi kemudian batasan tersebut dikembalikan.

Tidak semua orang mampu membeli Zoom versi berbayar. Oleh karena itu, mereka banyak memilih menggunakan aplikasi Zoom versi gratis dengan waktu penggunaan hanya 40 menit.

Format gratis dari aplikasi Zoom sangat populer di kalangan usaha kecil dan para pengusaha swasta.

Di sisi lain, saat video konferensi berlangsung, aplikasi Zoom akan memutus hubungan setelah 10 menit dan menunggu jeda berikutnya.

Dengan adanya pembatasan durasi pemakaian, jelas sangat mengganggu komunikasi dan pesan yang ingin disampaikan dalam pertemuan menjadi tak lengkap.

Menunggu 10 Menit Antara Jeda Panggilan Zoom

Di satu sisi, kendati waktunya singka hanya 10 menit, tetapi jika menyangkut pertemuan bisnis atau pelajaran online, jeda ini bisa menjadi hal yang kritis.

Sebagai contoh, seseorang mungkin tidak menyukai beristirahat selama konferensi kerja, karena hal ini akan berdampak negatif pada pembahasan isu-isu yang penting.

Bagi tutor online, ini bisa menjadi ketidaknyamanan yang besar jika harus benar-benar mematuhi durasi pelajaran yang berlangsung lebih dari 40 menit. Pengguna tersebut perlu mempertimbangkan opsi lain untuk melakukan pertemuan dan negosiasi online.

Gem Space Hadir sebagai Alternatif

Kabar baiknya, bukan hanya Zoom yang menyediakan layanan panggilan grup dan rapat video. Di antara opsi alternatif, ada yang sepenuhnya gratis.

Aplikasi Gem Space adalah aplikasi multifungsi yang menyediakan fitur komunikasi pengguna seperti obrolan dan panggilan, platform blognya dengan umpan berita, bagian untuk membuat komunitas pribadi, dan masih banyak lagi.

Di bagian obrolan, pengguna dapat melakukan panggilan grup. Tidak ada batasan waktu, panggilan dapat berlangsung selama yang dibutuhkan pengguna.

Baca juga: Zoom: Terjadi Pergeseran Kultur Kerja, tidak Harus dari Kantor

Terlepas dari durasi rapat online, semuanya gratis, dengan koneksi yang stabil tanpa gangguan apa pun. Batasan jumlah pengguna di sini hampir tidak ada, karena aplikasi ini mendukung konferensi dengan peserta hingga 1.000 orang.

Namun biasanya tidak mencapai 1000 orang yang sering berkumpul secara online.

Pengguna mempunyai berbagai opsi selama panggilan grup. Mereka dapat berbagi layar dengan peserta lain, menampilkan presentasi, merekam panggilan, dan secara opsional memoderasi rapat online, karena panggilan dapat dilakukan dengan atau tanpa partisipasi moderator.

Untuk melakukan panggilan grup di Gem Space, pengguna perlu membuat grup dan menambahkan semua orang yang akan ikut serta dalam pertemuan online.

Baca juga: Ini Cara Membuat Breakout Room di Zoom

Selain itu, pengguna juga dapat mengadakan konferensi untuk peserta obrolan grup yang ada. Untuk menambahkan pengguna ke obrolan grup, Anda dapat memilih mereka dari daftar kontak atau mengirimkan tautan undangan kepada mereka.

Setelah semua peserta berkumpul di obrolan umum, Anda dapat memulai panggilan. Panggilan dapat dilakukan baik dalam format audio maupun video.

Untuk mengevaluasi kualitas konferensi video Gem Space di Play Store, cukup mengunduh aplikasinya ke ponsel atau komputer secara gratis. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat