visitaaponce.com

Perkuat Teknologi SD-WAN, Digiserve Gandeng Telkom Akses

Perkuat Teknologi SD-WAN, Digiserve Gandeng Telkom Akses
PT Digital Aplikasi Solusi atau lebih dikenal sebagai Digiserve menyepakati kerja sama dengan PT Telkom Akses dalam instalasi SD-WAN.(Dokpri.)

SOFTWARE Define-Wide Area Network (SD-WAN) merupakan inovasi teknologi yang mampu meningkatkan efektivitas pelanggan dalam mengoperasikan jaringan ICT di perusahaan. SD-WAN memungkinkan pelanggan melakukan modernisasi dan otomasi jaringan ICT perusahaan dengan memanfaatkan layanan cloud network menggunakan konektivitas internet maupun IP VPN.

Karena itu, PT Digital Aplikasi Solusi atau lebih dikenal sebagai Digiserve menyepakati kerja sama dengan PT Telkom Akses dalam instalasi layanan Software Define-Wide Area Network (SD-WAN). Kesepakatan ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) antara kedua belah pihak yang dilakukan Presiden Direktur Digiserve Ahmad Hartono dan Direktur Utama Telkom Akses Stanislaus Susatyo.

Ahmad Hartono menyampaikan bahwa instalasi layanan SD-WAN merupakan proses yang sangat krusial. Karenanya, kerja sama ini bertujuan meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap layanan yng diberikan oleh Digiserve. "Kami melihat bahwa di Telkom Group, Telkom Akses merupakan anak perusahaan yang memiliki kompetensi, kapabilitas, dan kecukupan sumber daya yang bisa mendukung instalasi layanan SD-WAN. Oleh karena itu Digiserve memutuskan untuk bekerja sama dan bersinergi dengan Telkom Akses dalam hal akselerasi penyediaan layanan SD-WAN bagi pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia," jelas Hartono dalam keterangan tertulis, Kamis (7/9/2023).

Baca juga: Meta, Google Tolak Keras Kanada Tetapkan Undang-Undang Baru

Telkom Akses bergerak dalam bisnis penyediaan layanan instalasi jaringan akses, operasi dan pemeliharaan, serta pembangunan infrastruktur jaringan akses. Keunggulannya ialah memiliki sumber daya dengan reputasi yang baik dan tim tersebar sampai ke seluruh pelosok Indonesia. Dengan keunggulan tersebut, Telkom Akses diharapkan dapat membantu optimalisasi layanan SD-WAN yang disediakan oleh Digiserve.

Hartono mengungkapkan bahwa saat ini ada lebih dari 200 pelanggan yang menjadi pengguna layanan SD-WAN dari Digiserve dengan lebih dari 12.000 site yang tersebar di seluruh Indonesia. Oleh karena itu Digiserve membutuhkan dukungan Telkom Akses, selain instalasi untuk pengguna baru, juga dalam hal layanan pemeliharaan pelanggan SD-WAN.

Baca juga: Apple Arcade akan Kedatangan 4 Game Baru

"Ruang lingkup kerja sama antara Digiserve dengan Telkom Akses ada dua. Pertama, Telkom Akses akan melaksanakan proses instalasi atau pasang baru atas perangkat SD-WAN di pelanggan. Kedua, instalasi dan aktivasi link backup menggunakan teknologi selular terhadap pelanggan SD-WAN yang sudah aktif karena SD-WAN itu selain punya link utama juga punya link backup," jelasnya.

SD-WAN merupakan product connectivity masa depan. Hal tersebut akan berdampak terhadap kebutuhan layanan yang terus meningkat. Oleh karena itu Digiserve akan terus melakukan akselerasi dan optimalisasi terkait layanan SD-WAN, sehingga kerjacsama kedua pihak ini mempunyai peluang berkembang yang sangat luas. 

Stanislaus Susatyo menambahkan bahwa keunggulan sumber daya manusia yang dimiliki Telkom Akses akan terus dioptimalkan. Selan itu, Susatyo berharap layanan SD-WAN yang dihadirkan Digiserve terus berkembang sehingga kerja sama antara kedua anak usaha Telkom Group ini akan terus berjalan. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat