visitaaponce.com

Penggunaan Transaksi Digital di Warteg masih Minim

Penggunaan Transaksi Digital di Warteg masih Minim
Ilustrasi pembayaran digital melalui QRIS.(MI/RAMDANI)

KOPERASI Warteg Nusantara (Kowantara) memaparkan penggunaan transaksi digital di warteg terbilang masih minim. Sebab, masih ada sejumlah kendala yang dihadapi. Ketua Kowantara Mukroni mengatakan, masih sedikit warteg termasuk anggota Kowantara yang menggunakan pembayaran QRIS.

"Kurang dari 5 persen karena beberapa alasan. Salah satunya tidak semua warteg memiliki akses ke teknologi seperti smartphone atau perangkat untuk memindai QR code," ujar Mukroni dalam keterangannya, Selasa (2/7).

Selain itu, tidak semua pelanggan warteg memiliki smartphone yang mendukung aplikasi pembayaran digital. Kemudian, QRIS membutuhkan koneksi internet untuk melakukan transaksi. Di beberapa daerah, akses internet mungkin masih terbatas atau tidak stabil, sehingga dapat menghambat proses pembayaran.

Baca juga : UMKM Nyaman Gunakan QRIS karena Mempermudah Transaksi

"Pemilik warteg dan pelanggan perlu memahami cara menggunakan QRIS. Ini termasuk cara mengunduh aplikasi yang mendukung QRIS, membuat akun, dan melakukan pembayaran. Pendidikan dan sosialisasi mengenai penggunaan QRIS menjadi penting," terang Mukroni.

Meskipun biaya transaksi QRIS relatif kecil, menurut Mukroni, bagi pemilik warteg yang beroperasi dengan margin keuntungan yang sangat tipis, biaya tambahan ini bisa menjadi beban.

Selain itu, ada kekhawatiran tentang keamanan digital dan penipuan mungkin membuat beberapa pemilik warteg dan pelanggan ragu untuk menggunakan QRIS. Edukasi mengenai keamanan dan perlindungan data diperlukan untuk membangun kepercayaan.

Baca juga : Danareksa Research Institute : Pertumbuhan Transaksi Digital Asia-Pasifik Tertinggi

"Banyak pelanggan warteg yang lebih terbiasa dengan transaksi tunai dan mungkin ragu untuk beralih ke metode pembayaran digital.
Sedangkan manfaatnya, efisiensi dalam transaksi, pencatatan keuangan yang lebih baik, dan potensi untuk menarik pelanggan yang lebih muda yang lebih nyaman dengan pembayaran digital," tutur Mukroni.

Karena masih minimnya warteg-warteg terutama anggota Kowantara menggunakan QRIS, Mukroni berharap adanya kampanye edukasi yang intensif tentang manfaat dan cara penggunaan QRIS. "Bekerja sama dengan penyedia layanan QRIS untuk memberikan pelatihan langsung kepada pemilik warteg dan pelanggan," ucap Mukroni.

Selain itu, juga memberikan insentif seperti subsidi atau diskon biaya transaksi bagi warteg yang mengadopsi QRIS. Lalu, menawarkan program cashback atau diskon khusus bagi pelanggan yang melakukan pembayaran menggunakan QRIS di warteg.

Baca juga : BI Luncurkan QRIS Tuntas untuk Semakin Memudahkan Aktivitas Transaksi

"Memperbaiki dan memperluas akses internet di daerah-daerah yang masih belum terjangkau dengan baik. Memfasilitasi penyediaan perangkat pemindai QR code yang terjangkau bagi warteg," tambah Mukroni.

Kowantara juga mendorong bank dan fintech untuk menawarkan paket layanan yang menarik bagi warteg, termasuk perangkat gratis atau biaya transaksi yang lebih rendah. Termasuk mengadakan program kolaboratif dengan bank untuk mendukung digitalisasi UMKM termasuk warteg.

"Mengadakan program edukasi tentang keamanan digital untuk mengurangi kekhawatiran tentang penipuan. Memberikan jaminan dan proteksi asuransi bagi pemilik warteg terhadap risiko-risiko terkait transaksi digital," urai Mukroni.

Baca juga : Bank Indonesia tengah Persiapkan Fitur Baru untuk QRIS dan BI Fast

Kowantara juga mendorong pemerintah mengeluarkan kebijakan yang mendukung penggunaan QRIS, misalnya dengan memberikan insentif pajak bagi warteg yang mengadopsi QRIS, serta regulasi yang mempermudah warteg dalam mengakses layanan keuangan digital.

Poin lainnya, yakni diharapkan adanya kampanye promosi besar-besaran untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang manfaat menggunakan QRIS. Termasuk di media sosial dan influencer untuk mempromosikan penggunaan QRIS di warteg.

"Dengan langkah-langkah ini, pemerintah dapat membantu mengatasi hambatan yang ada dan mendorong adopsi QRIS di warteg, sehingga transaksi menjadi lebih efisien dan tercatat dengan baik, serta membantu mengintegrasikan warteg dan Kowantara dalam ekosistem keuangan digital," sambung Mukroni.

Terpisah, Indra, praktisi bidang teknologi keuangan digital yang juga Direktur Utama perusahaan merchant aggretator, PT Trans Digital Cemerlang (TDC), sepakat pendidikan dan sosialisasi mengenai transaksi digital apapun jenisnya termasuk penggunaan QRIS harus menjadi prioritas semua pihak.

“Beberapa waktu lalu Bank Indonesia mengatakan sosialisasi dan edukasi tentang QRIS menjadi tanggung jawab bersama, baik dari sisi literasi sampai pencegahan penyalagunaan. Saya melihat  semua stakeholder termasuk merchant sedang berjalan ke arah sana, sangat positif,” ujarnya.

Indra menjelaskan pengunaan QRIS bagi usaha seperti warteg adalah sebuah keniscayaan di era digital saat ini. Derasnya digitalisasi dan kemudahan akses diyakini akan semakin baik ke depan. Komitmen pemerintah terhadap jaringan internet menurutnya saat ini sudah cukup baik dan menyentuh ke daerah. 

Terkait dengan harapan Konwantara adanya pihak yang bersedia melakukan pendampingan dan pelatihan soal keuangan kepada pelaku UMKM, Indra menyakini banyak perusahaan system keuangan digital bersedia melakukannya. 

“Edukasi pengunaan QRIS menjadi salah satu prioritas perusahaan kami, dan sudah berjalan, salah satunya kepada UMKM di Pematang Siantar dan Kabupaten Samosir, saya menyakini berlaku juga buat perusahaan yang bergerak di bidang yang sama, termasuk mengarah ke warteg, ini soal momentum saja,” tegasnya.

Namun, Indra berharap perusahaan yang melakukan pendampingan dan konsultasi keuangan digital kepada warteg nantinya sudah memiliki ISO 9001:2015 tentang managemen mutu, ISO 37001:2016 Tentang Sistem Managemen anti Penyuapan, dan ISO 27001:2022 tentang system keamanan Informasi.

Perusahaannya saat ini sudah memiliki ketiga ISO dan terus melakukan sosialisasi mencakup pengembangan sistem keuangan (POS dan ERP), Fasilitator transaksi keuangan digital (payment aggregator), hingga konsultasi keuangan kepada UMKM. 

TDC sendiri memiliki tiga produk yakni M2PAY, MEbook dan Posku Lite.  Ketiganya masing-masing menyediakan metode pembayaran dan pemantauan transaksi, system informasi teritegrasi, dan kemudahan pencatatan toko dan bistro. 

“Penting buat Warteg mengetahui jati diri perusahaan penyedia system transaksi digital atau perusahaan yang akan memberikan pendampingan keuangan, salah satunya kepemilikan tiga ISO diatas,  itu salah satu proteksi terhadap kekewatiran warteg tentang penipuan,” tambahnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat