visitaaponce.com

Bank Indonesia tengah Persiapkan Fitur Baru untuk QRIS dan BI Fast

Bank Indonesia tengah Persiapkan Fitur Baru untuk QRIS dan BI Fast
Pembeli melakukan pembayaran secara digital menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di Pasar Tradisional Pasar Minggu.(Antara/Rifqi Raihan Firdaus.)

BANK Indonesia (BI) telah meluncurkan QRIS sebagai game changer digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Hingga saat ini total merchant QRIS mencapai lebih dari 30 juta. Lebih 80% di antara mereka ialah pelaku UMKM.

Untuk lebih memudahkan transaksi, kini BI mempersiapkan fitur terbaru untuk QRIS, yakni QRIS Tuntas.

"QRIS tengah dalam persiapan implementasi atau go live fitur terbarunya yaitu QRIS Tuntas. Dengan fitur baru itu kita dapat menggunakan QRIS untuk tarik setor di merchant kemudian transfer kemudian stor tunai sehingga makin bermafaat bagi UMKM dan masyarkat," ucap Deputi Gubernur BI Juda Agung di Jakarta pada Rabu (6/12).

Baca juga: BI: QRIS Selamatkan Indonesia dari Krisis saat Pandemi Covid-19

Selain QRIS, akselerasi digital terus didorong BI dengan kehadiran BI Fast, yaitu layanan sistem pembayaran retail yang real time 24/7 dan efisien. Total transaksi transfer yang telah difasilitas di BI Fast sampai saat ini mencapai 2 miliar transaksi.

"Artinya jika dahulu biaya transaksi antarbank Rp6.500 dan dengan BIfast Rp2.500, nanti ada efisiensi Rp4.000 atau kalau dikalikan 2 miliar transaksi berarti ada efisiensi Rp8 triliun untuk perekonomian Indonesia," jelasnya.

Baca juga: BI Rencanakan Perluas Layanan QRIS ke India hingga Uni Emirat Arab

Sama dengan QRIS yang akan punya fitur baru, BI Fast juga tengah dalam persaiapan untuk impelementasi fitur baru yaitu buff transfer, direct debit, dan request for payment.

"Pada waktunya BI akan umumkan jadwal ketiga fitur baru BI Fast tersebut akan dapat dimanfaatkan masyarakat," tandasnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat