visitaaponce.com

Prosesor Supercepat Lebih Efisien

Prosesor Supercepat Lebih Efisien
Chairul F.G. Manalu, Technical Manager Pan Solusi Indodata(MI/Siswantini Suryandari)

AMD meluncurkan AMD Graphics Processing Unit (GPU/Unit Pemrosesan Grafis) yang dapat menjalankan workload  Artificial Intelligence (AI/ kecerdasan buatan) Machine learning (ML) dan High Performance Computing (HPC/Komputasi Kinerja Tinggi), yang memberikan user pilihan lain selain GPU incumbent saat ini.

Chairul F.G. Manalu, Technical Manager Pan Solusi Indodata pada peluncuran  prosesor Ryzen PRO 7040 Series Mobile  milik AMD  di Jakarta, Rabu (20/9) mengatakan use case yang umum untuk AI, ML dan HPC ini contohnya large language model (LLM) alias ChatGPT untuk customer service mencakup enterprise yang luas.

Sistem HPC memerlukan sistem penyimpanan dan komunikasi yang sangat cepat dengan latensi rendah dan bandwidth tinggi (> 100 Gb/s) antara prosesor dan penyimpanan terkait.

Maka AMD meluncurkan prosesor Ryzen PRO 7040 Series Mobile yang baru dan  jajaran prosesor server EPYC Generasi Keempat untuk menjawab keinginan konsumen.

"Juga fraud detection, risk analysis di finance business, oil and gas, kita  bisa lihat penggunaannya sebagai spatial analysis dan simulation," kata Chairul kepada Media Indonesia, Rabu (20/9).

baca juga: AMD Hadirkan Prosesor Mobile dan CPU Data Center Kelas Dunia

Tidak hanya itu, AMD juga menjadi pilihan dengan performa yang baik bahkan lebih baik di beberapa case. Choirul menambahkan software dan library yang berkembang pesat misalnya integrasi dengan Hugging Face yang memastikan user tidak terpaku dan terikat oleh satu infrastruktur saja.

"Kita PT Pan Solusi Indodata sebagai partner AMD sangat happy, karena sekarang kita punya lebih banyak opsi untuk memberikan solusi terbaik ke customer kita. Ketika kita gabungkan dengan Sardina Systems Solusi, kita dapat memberikan solusi yang heterogen dan tak terikat," ujarnya.

"Di sini saya bisa tunjukkan program yang sebelumnya berjalan dengan cuda, bisa berjalan juga dengan HIP dan AMD MI100. Dimana kita lihat
improvement CPU vs GPU yang jauh bisa kita improve," pungkasnya. (N-1)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat