visitaaponce.com

Zoom Docs Berbasis AI Meluncur pada 2024

Zoom Docs Berbasis AI Meluncur pada 2024
Logo Zoom.(AFP/Pau Barrena.)

ZOOM Video Communication Inc. memperkenalkan beragam inovasi terbaru di platform mereka yang didukung oleh kecanggihan AI untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari melalui perangkat komunikasi dan kolaborasi yang efektif. Produk terobosan dari Zoom, yakni Zoom Docs, menjadi solusi kolaborasi berbasis AI terkini. Zoom Docs merupakan ruang kerja modular yang fleksibel serta terintegrasi erat dengan Zoom dan berbagai aplikasi pihak ketiga, sehingga memudahkan tim dan individu untuk memulai, berkolaborasi, mengelola, serta menjaga keteraturan alur kerja dalam proyek. 

Zoom Docs dibekali dengan fitur-fitur dokumen standar, yang disertai fitur seperti wiki dan kemampuan drag-and-drop blok-blok berisi konten ketika membuat tabel, diagram, dan gambar. Pengguna Zoom Docs juga bisa memanfaatkan fitur berbasis AI untuk mengisi dokumen dengan konten dari Zoom Meetings, menghasilkan konten dengan bantuan Zoom AI Companion, meringkas konten dengan cepat, dan mencari dokumen dengan mudah. Zoom Docs akan tersedia untuk publik pada 2024.

"Seiring dengan pekerjaan yang terus berkembang dan hadirnya tantangan-tantangan baru, satu hal akan tetap sama, bahwa perangkat komunikasi dan kolaborasi yang efektif sangat penting bagi kesuksesan suatu bisnis," ucap Eric S. Yuan, Founder dan CEO Zoom, pada acara tahunannya, Zoomtopia 2023, Kamis (5/10/2023). "Kami berpegang teguh dalam melakukan hal yang benar dan mengutamakan kepedulian terhadap pelanggan kami. Kami paham bahwa para pemimpin perusahaan dihadapkan pada rintangan baru setiap hari, baik dalam menavigasi gaya kerja hibrida, meningkatkan keterlibatan dan kolaborasi antara pelanggan dan karyawan, memutuskan cara memanfaatkan AI generatif untuk memberdayakan para karyawan, maupun mengurangi kompleksitas solusi TI mereka. Inovasi baru kami menunjukkan komitmen Zoom dalam mengembangkan platform ini untuk memberdayakan hubungan antarmanusia tanpa batas dan memecahkan masalah bisnis yang nyata."

Asisten digital AI generatif Zoom yang baru-baru ini diumumkan, yakni Zoom AI Companion, kini turut hadir sebagai kemampuan baru pada Zoom Whiteboard. Saat ini, Zoom AI Companion juga tengah memperluas layanannya kepada pelanggan Zoom di berbagai industri, termasuk sektor perguruan tinggi dan kesehatan, dengan memperkenalkan kemampuan merangkum rapat (meeting) dan percakapan tim (team chat). Berbeda dengan penawaran serupa lain--yang mengenakan biaya sekitar US$30 per bulan untuk setiap pengguna--Zoom AI Companion dapat digunakan tanpa biaya tambahan bagi pengguna berbayar yang memenuhi syarat.

Zoom AI Companion membantu pengguna dalam berbagai aspek, seperti mengejar ketertinggalan diskusi rapat yang sedang berlangsung, meringkas percakapan panjang (chat thread), dan menulis email pada Zoom Mail. Kini AI Companion juga dapat membantu menghasilkan ide pada papan tulis digital dan memasukannya ke beberapa kategori, sehingga tim dapat bekerja lebih cepat.

Selain itu, Zoom meluncurkan serangkaian inovasi. Melalui akuisisi Workvivo pada awal tahun ini, Zoom menghadirkan cara baru bagi perusahaan untuk menjaga karyawan agar selalu mendapat informasi terbaru serta tetap terlibat dan terhubung dalam lingkungan kerja hibrida. Memiliki strategi yang memperkuat keterlibatan karyawan menjadi semakin penting di era saat ini, tenaga kerja terdistribusi di beberapa lokasi berbeda. Pengguna Zoom akan segera dapat mengakses Workvivo langsung dari Zoom Desktop Client dalam beberapa minggu mendatang. (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat