visitaaponce.com

Tip Memilih Router untuk Bangunan Luas dan Berlantai Tingkat

Tip Memilih Router untuk Bangunan Luas dan Berlantai Tingkat
Ilustrasi(Ist)

DEWASA ini permintaan perangkat router semakin meningkat setiap tahun. Allied Market Research berjudul Router Market Research melaporkan selama 2022 pasar router dunia tumbuh US$19,6 miliar dan terus tumbuh hingga US$44,4 miliar pada 2032 dengan pertumbuhan 8,8% per tahun.

Laporan ini menjelaskan kenaikan permintaan router karena peningkatan permintaan koneksi internet yang lebih cepat, penggunaan perangkat yang perlu terkoneksi dengan internet, serta investasi pemerintah dan sejumlah perusahaan untuk perangkat transmisi dan networking.

Peningkatan ini melahirkan berbagai jenis router dengan spesifikasi berbeda, termasuk pengguna pemula, gamers, keluarga, dan pelaku usaha.

Maka itu, pembeli perlu memperhatikan spesifikasi router yang sesuai, terutama untuk keperluan di rumah dengan bangunan luas dan bertingkat.

Baca juga: Tips Mudah Mendatangkan Trafik ke Situs Internet

Berikut terdapat beberapa tip untuk memilih router sesuai kebutuhan:

1. Memahami perangkat yang akan terkoneksi

Calon pembeli perlu mempertimbangkan dua hal, pertama perangkat apa saja yang akan terhubung ke router, seperti smartphone, perangkat smart home, dan perangkat lain. Selain itu, pertimbangkan penggunaan WiFi untuk aktivitas tertentu, seperti streaming, gaming, dan bekerja.
 
2. Mengetahui luas dan tinggi bangunan

Luas serta tinggi bangunan dapat mempengaruhi jangkauan sinyal. Router dengan sistem mesh dapat menjadi solusi, terutama untuk rumah atau kantor yang berlantai dan berukuran besar. Mesh biasanya hadir dalam bentuk multipack, seperti 2 atau 3 node dalam satu paket, sehingga calon pembeli dapat menyesuaikan jumlah node sesuai kebutuhan.

Baca juga: Jaringan Komputer, Pengertian, Jenis, Transmisi, dan Topologi

3. Mengetahui teknologi WiFi yang terdapat di router

Router yang dilengkapi teknologi WiFi 6 bisa jadi pilihan yang baik karena mampu menampung lebih banyak perangkat, menghasilkan sinyal yang lebih kuat dan stabil, serta keamanan yang lebih baik.

4. Memiliki seamless roaming

Pastikan router memiliki fitur seamless roaming, yang memungkinkan perangkat beralih dari satu ruangan ke ruangan lain tanpa kehilangan koneksi. Fitur ini memberikan kenyamanan bagi pengguna yang sering berpindah tempat di rumah atau bangunan cukup besar.
 
5. Tersedia aplikasi untuk pengaturan jarak jauh

Pilih router yang dilengkapi aplikasi yang memungkinkan pengaturan dari jarak jauh. Ini memudahkan kontrol dan pengawasan pengguna atas router, terutama di era masyarakat yang kini tak bisa lepas dari gadget.

Baca juga: Ini 5 Tips Aman Berinternet dengan WiFi Publik

Dari kelima tip tersebut, router yang dilengkapi dengan sistem mesh, WiFi 6, dan seamless roaming dapat menjadi pilihan yang baik. Hal ini diakui social media influencer teknologi, Interrestech Media (@interestech.media), bahwa ketiga hal itu sangat cocok untuk bangunan yang memiliki dua hingga tiga lantai, seperti ruko.

Manager Marketing TP-Link Indonesia Defrie D Gunawan mengatakan Deco merupakan router dengan whole home mesh WiFi system dari TP-Link. "Seri terbaru dari Deco WiFi 6 yang baru diluncurkan adalah Deco X10 yakni adik dari Deco X20,” ujar dia, dalam keterangannya, Kamis (21/12).

Adanya WiFi 6 di Deco X10, menghasilkan kecepatan sinyal 1.201 hingga 1.500 mbps pada jaringan 5 Ghz, serta 300 Mbps di jaringan 2,4 Mbps. Deco X10 juga dapat menampung hingga 120 perangkat secara bersamaan, tidak hanya smartphone, komputer, laptop, dan TV, tapi juga sangat cukup menampung perangkat smarthome dalam satu rumah.

Lebih lanjut, satu perangkat Deco X10 dapat mencakup 190 m2, sementara dua Deco X10 dapat mencakup hingga 360 m2, dan tiga perangkat Deco X10 dapat mencakup hingga 520 m2.

Deco X10 juga dilengkapi aplikasi sehingga pengguna dapat mengontrol dari jauh, serta seamless AI driven mesh yang dapat membuat perangkat belajar dan beradaptasi dengan kebiasaan dan kondisi penggunaan.

"Deco X10 kami hadirkan dengan harga terjangkau di kelasnya. Hal itu bertujuan memberikan pilihan kepada masayarakat yang ingin merasakan whole home mesh, WiFi 6, seamless roaming, dan bisa digabungkan dengan perangkat Deco lainnya,” pungkas Defrie. (RO/S-2)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat