visitaaponce.com

Toko Bangunan Sebelah Kantor Kelurahan Bhaktijaya Depok Dilumat Api

Toko Bangunan Sebelah Kantor Kelurahan Bhaktijaya Depok Dilumat Api
Ilustrasi.(Dok MI)

USAHA Dagang (UD) Ratna yang mendagangkan bahan bangunan di Jalan Cimanuk VI Kelurahan Bhaktijaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat (Jabar) ludes dilumat si jago merah. UD Ratna yang berisi batu bata, batako, batu, pasir, besi beton, triplek, cat, semen, dan kayu terbakar pada siang bolong, Rabu (15/5), pukul 11.20 WIB.

Selain menghanguskan UD Ratna, api juga menyambar dua rumah bertingkat dua lantai di sebelah kanan dan kiri, termasuk warung makanan dan warung kopi. Kebakaran hebat di UD Ratna dan rumah-rumah cepat membesar akibat diperparah angin kencang dan terik matahari.

"Api cepat merembet dari UD ke rumah satu hingga ke rumah lain. Kondisi matahari di lokasi kejadian panas terik. Begitu juga dengan angin sangat kencang," jelas Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan atau DPKP Kota Depok Deni Romulo Hutauruk di lokasi peristiwa, Rabu (15/5) siang.

Baca juga : Toko Pakaian Tiga Lantai Terbakar, Pegawai Panik Berhamburan

Deni mengatakan tidak ada korban akibat peristiwa tersebut. Namun, ia memperkirakan kerugian sangat besar mencapai ratusan juta rupiah.

Cepatnya UD dan rumah-rumah terbakar karena material mudah terbakar. Ini membuat api dengan leluasa melahap seluruh bangunan.

"Lokasi kebakaran dekat dengan permukiman, pool PPD, dan Kantor Kelurahan Bhaktijaya. Ini membuat warga sekitar sempat panik karena takut api menyebar," ucapnya.

Baca juga : Pasar Terbakar Hebat, Empat Bangunan dan Lapak Hangus Terbakar

Awal kebakaran dari percikan api kecil dari depan UD Ratna. UD Ratna berisi bahan material yang gampang terbakar sehingga cepat merambat.

Dalam proses pemadaman api, Deni mengatakan pihaknya memerlukan empat unit pemadam kebakaran. Namun saat pemadaman, petugas mengalami kesulitan karena api tidak mudah padam. 

DPKP Kota Depok luncurkan empat unit dari Damkar Kota Depok. "Material bangunan agak lama (padam). Banyak material bahan kayu agak lama untuk memadamkannya. Beruntung tidak ada korban luka maupun jiwa dalam kejadian kebakaran ini," katanya.

Dari pantauan Media Indonesia, warga berhamburan ke luar rumah. Namun tidak ada yang mengeluarkan perabotan. Tidak sedikit dari mereka yang mengabadikan kawasan yang terbakar dengan kamera video. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat