visitaaponce.com

Terus Bersinar dengan Hologram

Terus Bersinar dengan Hologram
Jean-Luc Melenchon menyampaikan sambutannya dalam kampanye di Chassieu . sosoknya muncul dalam acara serupa di La Plaine Saint Denis, utara(EAN-PHILIPPE KSIAZEK, Thomas SAMSON / AFP )

SEBELUM persaingan politik Indonesia berhias ide kreatif seperti pemanfaatan hologram untuk kampanye, ternyata belahan dunia lain juga telah menerapkan teknologi hologram untuk kampanye. Calon Presiden Prancis Jean-Luc Mélenchon menggunakan hologram dalam kampanyenya pada 5 Februari 2017 di La Plaine Saint Denis, Paris Utara.

Dengan satu klik jari dan tanpa pautan waktu, Melenchon bisa menampakkan diri di hadapan 6.000 pendukungnya. Padahal saat itu, Melenchon sedang berada di Lyon yang berjarak 450 kilometer di Paris.

Pendukungnya menyambut dengan tepuk tangan dan langsung mengabadikan dengan kemera ponsel ketika hologram Mélenchon muncul. Ia memakai celana jins dan tunik abu-abu.

Hologram tidak hanya diam, tetapi berjalan bolak-balik saat memberikan pidato selama lebih dari satu jam. Hologram itu bisa berlaku layaknya Mélenchon asli.

Selain kegiatan kampanye, hologram juga digunakan untuk pemasaran produk. Tercatat beberapa merek yang memanfaatkan hologram untuk menarik perhatian konsumen.

Carlsberg menghadirkan pendirinya JC Jacobson (1811-1887) melalui hologram di TEDxCopenhagen Denmark. Awalnya, ide itu diciptakan oleh agensi iklan Happiness yang berbasis di Belgia. Carlsberg ingin menyampaikan keaslian produk dan membantu merek tersebut memenangi persaingan bir di Belgia. Akhirnya, ide itu diterapkan secara global.

Selain Carlsberg, berikut adalah lima merek yang menggunakan hologram untuk pemasaran. Burberry mengadakan peragaan mode berbasis hologram saat merilis toko terbarunya di Beijing pada 2011. Selain itu juga ada Dita Von Teese untuk Christian Louboutin. Untuk menandai 20 tahun sepatu rancangan desainer ternama Christian Louboutin. Sepatu stiletto berkilau berubah menjadi Dita von Teese. Hologram itu menjadi bagian dari pameran London 2012 di Museum Desain, Shad Thames, London.

Hologram KitKat di Jepang. Merek itu meluncurkan kampanye hologram yang ditujukan untuk siswa yang menghadapi ujian. Mereka memproyeksikan hologram grup musik DSH yang menyanyikan lagu keberuntungan.

Sepatu bot No7 dan Alessandra Ferri. Penari balet legendaris Allesandra Ferri tampil dengan hologram dalam sebuah iklan untuk sepatu bot No7. Dalam hologram itu, Ferri digambarkan beberapa tahun lebih muda. Dalam iklan itu, hologram Ferri muda menari bersama Ferri asli.

Intel, Lady Gaga, dan David Bowie. Lady Gaga bekerja sama dengan Intel di Grammy. Ia menggunakan tata rias digital untuk mengubah dirinya menjadi David Bowie. (Zuq/M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat