visitaaponce.com

Terlalu Betah Duduk Tingkatkan Risiko Kanker

Terlalu Betah Duduk Tingkatkan Risiko Kanker
Terlalu lama duduk memicu risiko berbagai penyakit.(Unsplash/Erik McLean)

Duduk selama berjam-jam dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengidap kanker, menurut sebuah studi baru, yang diterbitkan pada bulan ini di JAMA Oncology. Studi itu mempelajari tentang hubungan antara tidak bergerak aktif dan kematian akibat kanker.

Penelitian ini bersifat epidemiologis, memberikan secuplik gambaran tentang kehidupan orang-orang, sehingga tidak dapat membuktikan sebab dan akibat. Tetapi, temuan ini menunjukkan bahwa orang yang amat jarang bergerak, bisa 80% lebih mungkin meninggal karena kanker daripada mereka yang duduk paling sedikit.

Meski begitu, masih ada harapan. Studi ini juga menunjukkan bahwa bangun dan berjalan, bahkan jika Anda melakukannya perlahan dan hanya beberapa menit sehari, dapat menurunkan risiko kanker. 

Untuk studi baru ini, para peneliti di University of Texas MD Pusat Kanker Anderson di Houston dan lembaga-lembaga lain di seluruh negeri memutuskan untuk menguji kembali data yang sudah dikumpulkan sebagai bagian dari studi besar risiko nasional, faktor-faktor untuk timbulnya serangan stroke.

Mereka mengumpulkan data dari 30 ribu pria dan wanita paruh baya dan lebih tua dan, mulai tahun 2002, mengumpulkan rincian tentang kesehatan, gaya hidup, dan kondisi medis mereka, merekam seberapa sering mereka bergerak dan duduk.

Kemudian, para peneliti mengumpulkan catatan untuk sekitar 8.000 sukarelawan berusia  45 tahun, dengan kesehatan bervariasi mulai dari yang baik hingga yang rapuh.

Beberapa kelebihan berat badan, perokok, diabetes atau memiliki tekanan darah tinggi atau kondisi lainnya. Yang lain relatif ramping, dan beberapa melaporkan bahwa mereka berolahraga secara teratur.

Para peneliti mencatat berapa jam rata-rata per hari, mereka secara objektif menghabiskan waktu tanpa bergerak. Hasilnya, laki-laki dan perempuan dalam kelompok yang menghabiskan sebagian besar waktu duduk, lebih besar kemungkinan 82% lebih meninggal karena kanker selama masa tindak lanjut penelitian, dibandingkan mereka yang berada di kelompok yang paling sedikit duduk.

Asosiasi ini berlaku ketika para peneliti juga mencatat usia, berat badan, jenis kelamin, kesehatan, status merokok, pendidikan, lokasi geografis, dan faktor-faktor lainnya.

Dengan kata lain, duduk berjam-jam meningkatkan kemungkinan seseorang pada akhirnya akan meninggal karena kanker, bahkan jika dia semula sehat-sehat saja.

Mereka secara statistik memodelkan bagaimana risiko itu dapat berubah jika seseorang, secara teoritis, mulai bergerak lebih banyak. Setiap 30 menit seseorang berolahraga, risiko kematian akibat kanker turun 31 persen.

Sekalipun seseorang tidak berolahraga secara formal, tetapi mengganti setidaknya 10 menit dari waktu duduknya yang biasa dengan berjalan-jalan santai, pekerjaan rumah tangga, berkebun, atau kegiatan intensitas cahaya lainnya, risiko kematian akibat kanker turun sekitar 8 persen.

"Secara keseluruhan, data ini menunjukkan bahwa sejumlah kecil aktivitas fisik tambahan, tidak peduli seberapa ringan pun, dapat memiliki manfaat untuk menekan kelangsungan tumbuhnya kanker,” kata Dr Susan Gilchrist, ahli jantung di MD Anderson Cancer Center, yang bekerja dengan pasien kanker dan memimpin studi baru.

Penelitian ini masih banyak keterbatasan. Yang paling penting, studi prospektif ini bukanlah percobaan acak dan tidak dapat memberi tahu kita bahwa duduk lebih banyak menyebabkan peningkatan kematian akibat kanker, hanya saja keduanya terkait.

Dr Gilchrist mengatakan bahkan dengan peringatan, dia berpikir bahwa data dari penelitian ini harus membangkitkan semangat orang untuk terus bergerak.

“Pengambilan yang nyata adalah bahwa kami dapat memberi tahu orang-orang bahwa mereka tidak harus keluar dan lari maraton untuk berpotensi mengurangi risiko kematian akibat kanker. Seperti bangun dan berjalan di sekitar ruang tamu selama beberapa menit setiap jam atau lebih bisa membuat perbedaan yang berarti," kata Gilchrist. (CNA/M-2) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat