visitaaponce.com

Ribuan Tikus Serbu Penjara, Ratusan Napi di Australia Diungsikan

Ribuan Tikus Serbu Penjara, Ratusan Napi di Australia Diungsikan
Satu dari ribuan tikus yang merusak pertanian dan penjara di Australia timur(Saeed KHAN / AFP)

Wabah hama tikus yang melanda lahan pertanian di Australia, memaksa ratusan narapidana dievakuasi dari penjara di wilayah tersebut. Ribuan tikus itu masuk dan menggerogoti infrastruktur penting dalam lapas tersebut.

Tikus-tikus itu menggerogoti panel langit-langit dan kabel di penjara New South Wales, sehingga mendorong pihak berwenang untuk mengurangi aktivitas pengawasan, untuk memperbaiki bagian bangunan yang rusak.

"Kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan staf dan narapidana adalah prioritas nomor satu kami, jadi penting bagi kami untuk bertindak sekarang untuk melaksanakan pekerjaan remediasi yang vital," kata Peter Severin od Corrective Services NSW.

Sebanyak 420 narapidana dan 200 staf dari Pusat Pemasyarakatan Wellington akan dipindahkan ke fasilitas lain pada akhir bulan.

"Kami ingin merombak tempat ini dan itu harus dilakukan dengan benar, Kami akan mencari cara untuk mengurangi dampak wabah serupa di masa depan," kata Asisten Komisaris Lembaga Pemasyarakatan Kevin Corcoran.

Hama tikus telah menghancurkan hasil panen petani dan menyengsarakan penduduk setempat di Australia timur selama berbulan-bulan.

Wabah ini adalah yang terbaru dalam serangkaian bencana yang menyerang petani, seperti kebakaran hutan dan lahan serta kekeringan. (AFP/M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat