visitaaponce.com

Ilmuwan AS dan Australia Sedang Mencari Planet Mirip Bumi yang Layak Huni

Ilmuwan AS dan Australia Sedang Mencari Planet Mirip Bumi yang Layak Huni
Kepala NASA Bill Nelson(Olivier DOULIERY / AFP )

Misi luar angkasa baru untuk berburu planet yang berpotensi layak huni di sekitar sistem bintang tetangga terdekat Bumi sedang berlangsung. Dalam proyek yang terinspirasi dari film Avatar 2009, sebuah kolaborasi internasional antara ilmuwan Australia dan AS, sedang berupaya mencari planet mirip bumi di sistem bintang Alpha Centauri, yang dapat menopang kehidupan.

Dilansir The Guardian, Kamis (18/11), Alpha Centauri, sistem bintang tetangga terdekat Bumi,  terdiri dari dua bintang mirip matahari, yang dikenal sebagai Alpha Centauri A dan B, dan bintang katai merah yang lebih jauh.

Misi yang dinamai Toliman, diambil berdasarkan nama kuno yang diturunkan dari bahasa Arab untuk sistem bintang, akan mencari planet potensial yang mengorbit di Alpha Centauri A dan B.

Teleskop Toliman, yang sedang dibangun, akan diluncurkan ke orbit rendah bumi pada 2023. Teleskop ini berusaha menemukan planet baru di “orbit Goldilocks” pada jarak yang tepat, sehingga planet ini tidak terlalu panas atau terlalu dingin. untuk menopang kehidupan.

Pemimpin proyek Prof Peter Tuthill, dari University of Sydney, mengatakan: “Jika kita mencari kehidupan seperti yang kita ketahui, biasanya adalah di mana air dapat hadir di permukaan planet – jadi bukan seperti bola salju beku, dan tidak mendidihkan semua air ke atmosfer.”

“Kita tahu bahwa kehidupan telah berevolusi setidaknya sekali, di sekitar bintang mirip matahari di planet mirip bumi,” kata Tuthill. “Kami mencoba mencari contoh lain yang sedekat mungkin dengan konfigurasi itu.”

Tuthill menyamakan berburu planet dengan memecahkan misteri. “ Sinyal yang dikeluarkan planet "sangat halus" dan "sangat redup" dibandingkan dengan sinyal dari bintang, “katanya.

Terlepas dari penemuan exoplanet yang tampaknya sering – planet di luar tata surya kita – “di sekitar bintang terdekat kita yang mirip matahari, kita tidak tahu apakah mungkin ada … planet seperti bumi,” kata Tuthill.

Misi Toliman akan mencoba mengungkap planet dengan mempelajari apakah bintang Alpha Centauri A dan B bergoyang dari sisi ke sisi, karena adanya planet tak terlihat yang menariknya secara gravitasi.

Kolaborator dalam misi sebelumnya mendeteksi "kandidat planet" yang berpotensi mengorbit di sekitar Alpha Centauri A, tetapi keberadaannya belum dikonfirmasi secara pasti. (M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat