visitaaponce.com

Lakukan Ini untuk Atasi Infeksi pada Tindikan Kuping

Lakukan Ini untuk Atasi Infeksi pada Tindikan Kuping
Tindikan kuping harus dirawat selama beberapa minggu pertama agar tidak menjadi infeksi.(123RF)

Tindik telinga baru biasanya membutuhkan waktu antara 4 hingga 6 minggu untuk sembuh. Selama waktu ini, Anda harus merawat tindikan  untuk menghindari infeksi. Ini berarti membersihkan tindikan dua kali sehari dengan alkohol atau krim antibiotik. Anda tidak boleh melepas anting-anting selama waktu ini dan hanya menyentuh telinga Anda dengan tangan yang bersih.

Selain menjaga kebersihan telinga dengan alkohol, Anda juga harus membersihkan daun telinga setidaknya sekali sehari dengan sabun dan air. Ini juga membantu menangkal infeksi. Paling umum, tindik telinga yang terinfeksi disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam luka yang dapat terjadi dalam beberapa cara.

Selama minggu-minggu pertama, tindikan Anda mungkin terlihat sedikit merah atau mengeluarkan cairan berkerak saat sembuh. Gejala tindik telinga yang terinfeksi biasanya meliputi kemerahan atau bengkak di tempat penindikan atau kemerahan yang terus meluas setelah penindikan, panas terasa di area sekitar tindik, nanah kental yang bisa berwarna kuning atau hijau, sakit atau gatal, demam atau merasa tidak enak badan, dan gejala menyertai lainnya.

Untuk mengobatinya, sebagian besar infeksi tindik telinga tidak serius dan dapat dirawat di rumah. Melansir dari webmd.com, langkah-langkah ini bisa mengatasi tindik telinga yang terinfeksi.


1. Cuci tangan Anda secara menyeluruh dengan sabun dan air hangat. Setelah tangan Anda bersih, campurkan satu cangkir air dengan setengah sendok teh garam.
2. Gunakan bola kapas atau bantalan untuk mengoleskan larutan air asin langsung ke tempat tindik. Setelah bersih, keringkan dengan bola kapas bersih atau kain kasa.
3. Setelah area penindikan kering, Anda harus mengoleskan salep atau krim antibakteri. Pastikan untuk membaca petunjuk pada tabung atau botol sebelum menggunakannya.
4. Ulangi langkah-langkah ini setidaknya tiga kali setiap hari atau sampai tanda-tanda infeksi hilang.
5. Putar anting-anting dengan lembut beberapa kali sehari agar kulit Anda tidak menempel pada perhiasan.

Dalam kebanyakan kasus, infeksi tindik telinga ringan hilang dalam waktu 2 minggu dengan perawatan di rumah yang tepat.

Lalu, kapan harus ke dokter? Dalam beberapa kasus, perawatan di rumah mungkin tidak cukup. Jika anting-anting Anda atau bagian belakangnya tersangkut di dalam daun telinga Anda, Anda harus segera menemui dokter. 

Anda mungkin juga bisa menemui dokter jika kemerahan dan pembengkakan terus menyebar atau jika bagian atas telinga Anda berwarna merah. Tanpa perawatan yang tepat, infeksi tindik telinga dapat menyebar ke seluruh tubuh, yang disebut infeksi sistemik. Infeksi juga bisa bertambah parah atau membentuk abses. Abses adalah area kulit yang bengkak dan berisi nanah. (M-2) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat