visitaaponce.com

Cek Kebenaran Mitos tentang Pemakaian Bra Ini

Cek Kebenaran Mitos tentang Pemakaian Bra Ini
Memakai bra saat tidur, baikkah?(123RF/olhatsiplyar)

Saat bersantai, kemungkinan besar Anda akan mengenakan celana dan baju longgar favorit Anda untuk relaksasi maksimal, dan melepas kutang (bra).

Namun, setelah lama tidak memakai bra, beberapa orang mungkin bertanya-tanya apakah itu akan memengaruhi payudara mereka secara negatif. Beberapa pakar mengungkapkan perspektifnya tentang masalah ini dan membantu menjernihkan beberapa mitos tentang memakai atau tidak memakai bra. 

1. Apakah mengenakan bra meningkatkan risiko kanker payudara?

Spesialis kesehatan payudara Cassann Blake, MD mengatakan mengenakan bra tidak meningkatkan peluang Anda terkena kanker payudara.

 “Dari sudut pandang kanker payudara, mengenakan bra tidak memengaruhi risiko kanker payudara.  Saya pernah ditanya apakah bra berkawat dapat memengaruhi risiko kanker payudara seseorang dan ternyata tidak.  Jadi, memakai bra tidak meningkatkan, juga tidak mengurangi, risiko Anda terkena kanker payudara," katanya, seperti dikutip dari situs resmi Cleveland Clinic, health.clevelandclinic.org.

2. Apakah tidak memakai bra menyebabkan payudara kendur?

 Dr. Blake mengatakan memakai bra tidak mencegah payudara kendur dan tidak memakai bra tidak menyebabkan payudara melorot.  "Mengenakan bra tidak memengaruhi risiko payudara kendur, atau yang disebut 'ptosis payudara'," katanya.

Itu juga tidak akan memengaruhi bentuk payudara Anda.  Namun, jika ukuran cup Anda lebih besar, Anda mungkin merasa lebih nyaman mengenakan bra karena dapat membantu mengurangi atau mencegah sakit punggung, yang sering kali disebabkan oleh berat payudara Anda. “Mengenakan bra olahraga bisa membantu dalam hal ini,” kata Dr. Blake.

3. Apakah memakai bra saat tidur dapat berdampak buruk?  

Tidak,  jika itu membuatmu merasa lebih baik.  Dr. Blake mengatakan bahwa keputusan yang sangat pribadi ini semua bermuara pada kenyamanan Anda. 

Melansir dari healthline.com, tidak ada studi medis peer-review yang menunjukkan efek negatif dari tidur dengan bra. Sama seperti tidak ada manfaat besar untuk tidur dengan bra, juga tidak ada konsekuensi negatif yang besar untuk tidur dengan bra.

 "Tidak ada data yang dipublikasikan yang mengatakan ada kerugian untuk tidur dengan bra, seperti efek kanker payudara, sirkulasi darah yang buruk, atau pertumbuhan payudara yang terhambat," kata Dr. Terri Ann Samuels, ahli uroginekologi bersertifikat dan pendiri Essentially You.

 Hanya saja, Anda sebaiknya tidak mengenakan bra yang ketat atau menusuk kulit Anda, yang dapat menyebabkan iritasi kulit dan gangguan tidur.

 "Pastikan bra dengan ukuran yang tepat dan pas untuk mencegah hal-hal seperti infeksi jamur di bawah payudara, yang dapat terjadi jika bra tidak terselip di bawah payudara dengan benar," kata Dr. Regina Hampton, ahli bedah payudara bersertifikat dan pendiri Breast Care for Washington, D.C.

 Bra olahraga tidak lebih baik atau lebih buruk untuk tidur, tetapi masalah ini lebih sering terjadi pada bra olahraga yang tidak pas. Faktanya, wanita dengan payudara lebih besar yang mengalami gerakan signifikan di malam hari dapat mengambil manfaat dari struktur bra yang pas.

Hal ini juga berlaku bagi mereka yang melakukan implan payudara.  "Tidur dengan bra bisa lebih mendukung, selama bra lembut yang tidak memotong sirkulasi apa pun. Ini memungkinkan implan tetap terangkat lebih lama," kata Dr. Samuels.

“Jika Anda ingin mengurangi kecepatan migrasi payudara ke selatan, pastikan Anda melatih otot dada Anda,” kata Jasmine Jones, spesialis pemasangan bra dan pemilik Cherry Blossom Intimate di Glenarden, Maryland.

Lebih lanjut, Dr. Blake juga menjelaskan beberapa kesalahan pemakaian bra yang harus dihindari.

1. Tidak memakai ukuran bra yang tepat

 Menurut Dr. Blake, tidak mengenakan ukuran yang tepat tampaknya menjadi masalah umum.

 “Banyak orang memakai ukuran bra yang salah. Ketika Anda memakai ukuran yang salah, terutama jika Anda mengenakan bra underwire, itu bisa menyakitkan karena kawat tidak berada di lokasi yang tepat.  Hal lain adalah bahwa Anda dapat menambah atau menurunkan berat badan dan masih memakai bra favorit Anda.  Pada saat itu, bra bukan lagi ukuran cup atau panjang pita yang tepat untuk Anda," paparnya.

2. Tidak memakai bra yang cocok untuk aktivitas Anda

Saat Anda berolahraga, Anda tidak cocok untuk memakai bra sehari-hari Anda.  Dr Blake merekomendasikan memakai bra yang mendukung tingkat aktivitas Anda.

"Beli bra dengan jumlah dukungan yang tepat untuk aktivitas yang Anda lakukan. Apabila Anda sedang berlari, dapatkan bra dengan penyangga yang lebih baik, terutama jika Anda memakai ukuran cup yang lebih besar," jelasnya.

 Dr Blake menambahkan bahwa bra olahraga yang pas dapat meminimalkan gerakan payudara Anda.  Ketika payudara Anda banyak bergerak, Anda mungkin mengalami nyeri payudara atau punggung.  Jika Anda mengalami nyeri payudara secara teratur atau di satu area tertentu di payudara Anda, dia merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda. (M-2) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat