visitaaponce.com

Waspadai Sindrom Ramsay Hunt yang dapat Melumpuhkan Wajah

Waspadai Sindrom Ramsay Hunt yang dapat Melumpuhkan Wajah
Tangkapan layar dari Instagram Justin Bieber(dok.mi?instagram)

Sindrom Ramsay Hunt kini tengah menjadi sorotan setelah penyanyi Justin Bieber mengaku terjangkit penyakit tersebut. Lewat sebuah video yang diunggah di Instagram, wajah dari pelantun "Baby" itu terlihat lumpuh akibat sindrom tersebut.

Sindrom itu membuat Bieber tak bisa mengedipkan mata kanannya dan sulit untuk tersenyum dengan mulut simetris. Diagnosis tersebut menambah serangkaian masalah medis Bieber, termasuk penyakit Lyme, Epstein Barr, dan kecemasan kronis yang telah dideritanya.

Minggu lalu, Bieber mengumumkan bahwa beberapa jadwal konsernya akan ditunda agar dapat fokus memulihkan kesehatannya. Lalu seperti apakah sindrom Ramsay Hunt dan siapa yang paling berisiko mengalaminya?

Mayo Clinic menjelaskan seseorang yang terkena sindrom Ramsey Hunt akan mengalami gejala khas, seperti kelumpuhan wajah. Ini terjadi ketika virus yang disebut varicella zoster menginfeksi saraf wajah di dekat salah satu kuping, membuat wajah lumpuh hingga kehilangan pendengaran.

Virus varicella zoster merupakan penyebab cacar air, namun penyakit ini juga berkembang sehingga kemudian hari dapat menyebabkan herpes zoster, yaitu reaktivasi virus setelah seseorang sembuh dari cacar air. Herpes zoster dapat menyebabkan ruam yang gatal pada penyintas cacar air.

Mereka yang pernah terkena cacar bisa jadi masih memiliki virus yang tersisa di tubuhnya dalam fase "non-aktif", namun virus dapat aktif kembali apabila sistem imun sedang lemah dan memicu munculnya Ramsay Hunt.

Bagi yang pernah terkena cacar air, bisa saja mengalami Sindrom Ramsay Hunt. Biasanya orang yang berusia tua lebih rentan. Dalam beberapa kasus, sindrom ini dialami orang yang berusia 60 tahun ke atas dan jarang terjadi pada anak-anak.

Saat ini anak-anak sudah rutin divaksinasi untuk cacar air, sehingga mengurangi kemungkinan terinfeksi. Vaksin mulai tersedia di AS pada 1995, dan disetujui untuk digunakan di Kanada, tempat Bieber lahir, pada 1998.

Menurut Mayo Clinic, Sindrom Ramsey Hunt juga dapat menyebabkan gangguan pendengaran, telinga berdenging, dan sakit yang dekat telinga. Ini memengaruhi sekitar lima dari setiap 100 ribu orang di Amerika Serikat (AS) per tahun, menurut Database Penyakit Langka.

Meskipun Ramsay Hunt tidak menular, yang menjadi fokus perhatian adalah reaktivasi virus varicella zoster bisa membuat orang yang belum pernah atau sudah pernah divaksinasi bisa terinfeksi.

"Jauhi kontak fisik selama cacar air masih ada, terutama dengan orang yang belum pernah kena cacar air atau belum divaksinasi, terutama mereka yang sistem imunnya lemah seperti bayi baru lahir dan ibu hamil," jelas Mayo Clinic seperti dilansir laman Insider, Sabtu (11/6),

Berdasarkan catatan Mayo Clinic, dalam beberapa kasus, diagnosis kelumpuhan bisa terjadi secara permanen, namun gejala biasanya sembuh setelah menjalani pengobatan dengan obat antivirus dan kortikosteroid.(M-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat