visitaaponce.com

Sah Iqbaal Ramadhan Wisuda, Raih Titel Sarjana Komunikasi

Sah! Iqbaal Ramadhan Wisuda, Raih Titel Sarjana Komunikasi
Setelah lima tahun menjalani masa perkuliahan Iqbaal dinyatakan lulus sarjana dari Monash University.(Instagram)

PENYANYI dan artis pemeran film, Iqbaal Ramadhan, 23, baru saja wisuda dan resmi mengenyam gelar sarjana dari Monash University di Melbourne, Australia. Setelah lima tahun menjalani masa perkuliahan Iqbaal dinyatakan lulus setelah menempuh kuliah di Jurusan Media Komunikasi. 

Kabar wisuda Iqbaal Ramadhan mendapat banyak komentar baik dari para penggemar dan beberapa figur publik di media sosialnya.  "Wohoo! Times flies, congrats Bal," tulis Iman Usman. "Congratulatiooonss," tulis Ira Wibowo.

Dalam unggahannya Iqbaal menuliskan keterangan dalam foto wisudanya,  "Alhamdulillah #lulusbro," tulisnya 

Baca juga : Mencuri Raden Saleh, Film yang Menyatukan Ikon Aktor dan Aktris Masa Kini

Sebelum kuliah di Australia, Iqbaal menjalani pra kuliah di Armand Hammer United World College of the American West, New Meksiko, Amerika Serikat selama dua tahun yang dimulai sejak 2017 hingga 2019.

Disorot karena menyanyikan lagu Bieber

Selain kabar wisudanya, nama Iqbaal Ramadhan sempat tersorot kamera akibat video penampilan Iqbaal di panggung yang berlangsung di Bali pada Sabtu, 9 Desember 2023.

Baca juga : Jalani Puasa di Melbourne, Iqbaal Mengaku Rindu Bukber dengan Keluarga

Lajang kelahiran Surabaya, Jawa Timur itu dihujat lantaran suaranya sumbang dan mengenakan syal bermotif bendera Palestina namun menyanyikan lagu Baby milik Justin Bieber.

Tak terima dengan hal tersebut, sejumlah netizen marah karena sikapnya yang kontras. Bukan hanya karena suara, tapi sikap Iqbaal juga jadi sorotan karena pemilik lagu "Baby" merupakan pendukung zionis. 

Sebelum semakin ramai Iqbal mengirimkan permintaan maaf kepada para penggemar melalui akun telegram fanbase yang dikelola oleh manajernya, IDR Manajemen. Dalam permintaan maafnya, Iqbal menuliskan sebuah pesan 

"Halo teman-teman semoga sehat selalu. Aku mau menjelaskan beberapa hal terkait video berkaraoke yang tersebar di internet perkara aku membawakan lagu Baby dari Justin Bieber sambil menggunakan syal dengan atribut Palestina," tulis Iqbaal diawal pernyataannya.

Iqbaal Ramadhan mengakui kesalahannya karena menyanyikan lagu milik Justin Bieber. Diketahui Justin Bieber atau JB merupakan artis yang mendukung penuh Israel. 

"Pertama, aku minta maaf sedalam-dalamnya. Kesalahanku yang tidak melakukan cross check (pemeriksaan ulang) lebih lanjut tentang Justin Bieber yang ternyata pro-Zionis dan membawakan lagunya terkesan sebagai bentuk aku 'mendukung' musisi yang ternyata bertolak belakang 180 derajat dengan value dan prinsipku untuk selalu mendukung kedaulatan dan hak asasi manusia di Palestina," tulisnya

"Kedua, tidak ada tujuanku sama sekali untuk menodai dukungan terhadap Palestina. Berkaraoke bersama OomLeo adalah kesempatan untuk menyapa teman-teman di daerah atau di manapun, sambil bersenang-senang bersama. Membawakan lagu yang telah direquest oleh audiens. Namun, seperti apa background musisi asli yang membawakan lagu ini, memang luput dari perhatianku," tambahnya

Pemeran Piko dalam serial film Mencuri Raden Saleh juga mengaku tidak akan lagi membawakan lagu-lagu dari musisi yang pro terhadap zionis. Ke depannya ia berjanji akan lebih berhati-hati untuk pemilihan lagu. 

Iqbaal Ramadhan berterima kasih karena sudah diingatkan untuk lebih berhati-hati dalam memilih musik yang akan dibawakan. 

"Sebagai seorang figur dan seniman, kami mempunyai  tanggung jawab untuk menggunakan platform dengan sebaik-baiknya, dan ini adalah resiko untukku ketika mendapat kritik secara konstruktif dan membangun agar bisa lebih baik lagi di kemudian hari," 

Dalam isi surat tersebut, pemeran Dilan dalam Serial film Dilan ini menegaskan kalau dia 100% mendukung Palestina tanpa terkecuali.

"Tanpa mengurangi rasa hormat, dukungan dan doaku selalu bersama Palestina dan semua semua yang terjajah di sana. Terlepas dari suku, ras, dan agama mereka. Dari laut sampai samudera, Palestina akan merdeka. Sincerely, Iqbaal Ramadhan," tulis Iqbaal pada akhir surat permintaan maafnya. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat