visitaaponce.com

Kenaikan Suhu di Malam Hari dapat Memicu Tingkat Kematian Hingga 60

Kenaikan Suhu di Malam Hari dapat Memicu Tingkat Kematian Hingga 60%
ilustrasi: cuaca panas(unsplash.com/Lucian Dachman )

Para ilmuwan di University of North Carolina, Chapel Hill memperkirakan bahwa suhu panas di malam hari akan meningkatkan angka kematian di seluruh dunia hingga 60% pada akhir abad ini.

Para peneliti dari UNC Gillings School of Global Public Health menjelaskan bahwa panas sekitar semalaman dapat mengganggu fisiologi normal tidur.  Kurang tidur berarti sistem kekebalan yang melemah dan risiko lebih tinggi dari berbagai masalah kesehatan. seperti penyakit jantung, peradangan, serta kondisi kesehatan mental.

Proyek penelitian  ini adalah yang pertama memperkirakan dampak malam yang lebih panas terhadap risiko kematian terkait perubahan iklim.  Secara keseluruhan, para peneliti mengatakan temuan mereka melukiskan gambaran yang mengkhawatirkan tentang masa depan yaitu ancaman kematian mungkin secara signifikan lebih tinggi dari perkiraan semula dengan kenaikan suhu harian rata-rata.

"Risiko peningkatan suhu di malam hari sering diabaikan,” kata Yuqiang Zhang, PhD, ilmuwan iklim di Departemen Ilmu dan Teknik Lingkungan di Gillings School, dalam rilis universitas, seperti dikutip dari Study Finds, Selasa (9/8).  

"Dalam penelitian ini, kami menemukan bahwa kejadian hot night excess (HNE) diproyeksikan terjadi lebih cepat daripada perubahan suhu rata-rata harian.  Frekuensi dan intensitas rata-rata malam yang panas akan meningkat masing-masing lebih dari 30% dan 60% pada tahun 2100-an, dibandingkan dengan peningkatan suhu rata-rata harian yang kurang dari 20%," lanjutnya.

Proyek ini merupakan upaya internasional, ditulis bersama oleh para ilmuwan dari Tiongkok, Korea Selatan, Jepang, Jerman, dan Amerika Serikat.  Tim memperkirakan kematian akibat panas berlebih untuk 28 kota yang terletak di Jepang, Tiongkok, atau Korea Selatan antara tahun 1980 dan 2015. Mereka kemudian menerapkan perkiraan tersebut ke dua skenario pemodelan perubahan iklim yang selaras dengan skenario pengurangan karbon yang diberlakukan oleh masing-masing pemerintah negara.

Berkat model ini, penulis penelitian dapat memperkirakan bahwa risiko kematian akibat malam yang terlalu panas akan meningkat hampir enam kali lipat antara tahun 2016 dan 2100. Prediksi itu jauh lebih besar daripada risiko kematian akibat pemanasan rata-rata harian yang disarankan oleh model perubahan iklim saat ini. (M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat