visitaaponce.com

Tips Berwisata ke Singapura, Wajib Coba Aneka Street Food Ini

Tips Berwisata ke Singapura, Wajib Coba Aneka Street Food Ini
Wisatawan mengambil foto di depan patung Merlion, yang menjadi ikon Singapura.(AFP )

Singapura adalah salah satu negara yang menjadi destinasi liburan populer bagi wisatawan Indonesia, terutama bagi yang gemar berbelanja dan kulineran.

Jika Anda baru pertama kali liburan ke Singapura, berikut ini beberapa tips yang disarankan oleh Chef ternama asal Singapura, Bjorn Shen saat ditemui Media Indonesia seusai konferensi pers Festival Pesta Rasa, Jumat (19/8).

1. Tentukan Destinasi Kuliner

Chef Bjorn Shen selaku Juri Masterchef Singapura menyarankan agar calon wisatawan bisa mengecek terlebih dahulu daftar destinasi kuliner yang ingin dikunjungi. Hal ini karena, sebagai orang Singapura Ia  mengatakan beragam kuliner akan mempengaruhi budget atau pengeluaran anda selama berwisata ke negeri Singa itu.

"Menemukan restoran baru dan eksplorasi itu bagus, tetapi bila ingin mendapatkan makanan terbaik, riset terlebih dulu," katanya.

Lebih lanjut, menurut Bjorn sebagai wisatawan yang cermat meriset mengenai kondisi destinasi yang ingin datangi, anda bisa menemukan banyak tempat yang menjual makanan yang diinginkan, namun dengan kualitas yang lebih baik.

2. Bawa Tisu

Di era new normal seperti ini, Bjorn menyarankan untuk membawa banyak tisu, baik kering maupun basah saat berwisata ke Singapura.

"Setidaknya harus dua pak, tisu kering dan tisu basah. Sebab banyak tempat makan yang tidak menyediakan tisu, jadi harus membawanya sendiri," tutur Bjorn.

3. Coba Street Food

Sama seperti di Indonesia, Singapura juga memiliki banyak makanan khas, yang paling digemari adalah jajanan pinggir jalannya. Ada beragam macam street food singapura yang terkenal dengan cita rasa umami dan pedas. Bagi Anda sebagai pecinta kuliner, wajib banget cobain 6 jajanan street food Singapura paling favorit yang direkomendasikan langsung oleh Chef Bjorn Shen.

Hor Fan
Bjorn menjelaskan, Hor Fun adalah salah satu street food Singapura berisi kwetiau yang disiram dengan kuah kental bercita rasa umami, lalu diisi oleh beberapa toping seperti telur dan berbagai sayuran, makanan ini hampir mirip seperti jajan Indonesia yaitu Kwetiau.

Chicken wings BBQ
Selanjutnya, Bjorn merekomendasikan chicken wings BBQ sebagai street food yang wajib coba saat berwisata ke Singapura. Chicken wings BBQ merupakan ayam goreng tepung yang renyah dan biasanya disajikan bersama saus cabai manis dan pedas beserta potongan limo yang menambah nikmat makanan ini.

Satay Bee Hoon
Menurut Bojorn, Sate bee hoon sauce bukan lah sate yang terbuat dari daging, melainkan jenis street food yang terbuat dari campuran bahan berupan bihun dan saus kacang. Satay Bee Hoon terbuat dari bahan campuran berupa bihun dan bumbu sate kacang.

Tekstur sambal kacang yang digunakan untuk membuat satay bee hoon biasanya lebih halus dari bumbu sate daging biasa dengan dicampur oleh cabai. Sate bee hoon adalah hidangan asli yuang dibuat warga Singapura dengan perpaduan rasa Melayu dan China.

Laksa lemak
Laksa lemak merupakan salah satu kuliner yang paling identik dengan Singapura. Laksa lemak merupakan kuliner yang dihidangkan dalam bentuk sup dengan cita rasanya yang gufih. Makanan ini terinspirasi oleh hidangan khas warga Tionghoa yang tinggal di daerah Katong.

Laksa lemak umumnya terbuat berisi daging, seperti ayam dan udang, lalu dicampur dengan mie, taoge, perkedel dan santan kental berwarna kemerahan, serta aneka bumbu dan rempah seperti serai, cabe, nanas, bawang serta daun mint.

Bak Chor Mee
Street food legendaris ini merupakan mie telur kuning tipis yang dicampur dengan cuka hitam dan pasta cabai. Pada dasarnya, topping dari mie ini adalah berbagai macam olahan daging babi, tetapi seiring berkembangnya jaman, kini sudah banyak tempat makan yang menghadirkan menu Bak Chor Mee dengan topping daging ayam.

Chilli Crab
Bjorn menjelaskan, Chilli Crab merupakan street food yang terbuat dari kepiting dan dimasak dengan saus pedas manis yang kental. Selain itu olahan kepiting ini juga bisa dibuat menggunakan campuran saus tomat dan saus cabai yang menciptakan rasa gurih sekaligus pedas di lidah.(M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat