visitaaponce.com

Pecah, Reuni Tiga Diva di Panggung Synchronize Fest 2022

Pecah, Reuni Tiga Diva di Panggung Synchronize Fest 2022
Tiga Diva dan Erwin Gutawa saat jumpa pers seusai tampil, di Jakarta, Jumat (7/10).(MI/Fathurrozak )

Setelah panggung terakhir mereka secara bersama terjadi pada 15 tahun silam, 3 Diva, Ruth Sahanaya, Titi DJ, dan Krisdayanti kembali naik panggung untuk sekali lagi tahun ini di Synchronize Fest 2022.

Hit-hit seperti Menghitung Hari, Bahasa Kalbu, Pilihlah Aku, Tak Kuduga, dan Bawa Daku Pergi dibawakan secara bergantian dan bersamaan oleh personel 3 Diva, 
Ruth Sahanaya, Titi DJ, dan Krisdayanti. Ketiganya, manggung secara bersama terakhir pada 15 tahun silam.

Ketiganya, kembali ke panggung bersama Erwin Gutawa, di hadapan audiens yang generasinya jauh di bawah mereka. Meski demikian, lagu-lagu mereka tetap dinyanyikan bersama oleh penonton. Bahkan, saat lagu Mencinta dibawakan secara koplo, semua ikut berjoget. Termasuk ketiganya dari atas panggung utama di gelaran Synchronize Fest 2022 pada Jumat, (7/10) malam.

“Semesta juga mendukung ya, tidak turun hujan saat kami tampil. Tata suaranya juga enak, sangat membuat kami bahagia di atas panggung. Apa lagi rata-rata yang datang kan usianya sepantaran dengan anak saya, tapi pada ikut nyanyi,” kata Titi DJ saat konferensi pers seusai manggung, di ruang pers Synchronize Fest 2022, Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat, (7/10).

Dalam mempersiapkan penampilan mereka malam itu, ketiganya terlebih dulu berlatih bersama tanpa band. Di samping itu, juga menggelar lokakarya secara daring bersama direktur musik Erwin Gutawa.

“Dalam penampilan kami ini, juga ada andil Gita Gutawa. Dia turut mengurasi lagu yang kami bawakan. Jadi ada sudut pandang anak muda mana yang sesuai untuk dinyanyikan,” tambah Krisdayanti.

Uthe, Titi, dan KD juga mendapat cerita dari Erwin dari pengalaman sang direktur musik saat manggung di Synchronize Fest 2019. Ketika itu, Erwin membawakan lagu-lagu almarhum Chrisye secara langsung dengan menjahit rekaman-rekaman penampilan Chrisye selama hidup.

“Erwin bilang, jangan khawatir. Pasti penonton akan menikmati. Dan terbukti, malam saat kami tampil,” kesan Titi.

Koplo

Salah satu gimmick yang sangat menarik adalah ketiganya membawakan salah satu lagu, dengan gubahan aransemen dangdut koplo dilengkapi dengan senggakan dari ketiga diva. Senggakan itu juga disambut meriah penonton.

“Ini tantangan juga buat Erwin untuk membuat aransemen lagu menjadi dangdut. Kalau di Tiktok kan ada lagi yang hit itu apa sih, nah itu kami sampaikan juga saat di workshop,” kata KD.

Erwin mengatakan, ia mengaransemen lagu-lagu dari beragam genre. Mulai dari pop balada, funk, country, hingga dangdut koplo.

“Kemasan panggung pasti agak berbeda dengan musik untuk rekaman. Itu poinnya. Kami harus banyak bikin variasi untuk alurnya biar enak. Ada yang dimedley juga. Dan memasukkan yang memang sedang common. Saya sebagai direktur musiknya, harus membuat suasana panggung variatif. Ini bagian dari strategi panggung, meski hanya main sekitar satu jam, tapi tetap berikan variasi hiburan yang seru,” jelas Erwin.

KD pun menambahkan, harus ada regenerasi dari para penyanyi yang lebih muda. Ia yakin, dengan kerja keras dan kerja sama dengan kolaborator yang tepat, semua bisa mencapai kualitas yang mumpuni. 

“Penyanyi muda zaman sekarang mah sudah gila dan luar biasa hebat. Jadi pasti akan muncul generasi-generasi baru berkualitas,” tambah Titi. (M-2) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat