visitaaponce.com

Lima Trik Hemat Berlangganan Siaran Digital

Lima Trik Hemat Berlangganan Siaran Digital
ilustrasi memilih layanan siaran berlangganan(Netflix.com)

Saat ini layanan siaran digital berbayar sudah semakin banyak tersedia. Mulai dari Netflix, Disney+ Hotstar, HBO Go, Hulu, WeTv, Vidio, dan lain-lain. Masing-masing layanan terus berlomba menghadirkan program-program unggulan mereka setiap bulannya.

Meski memberikan alternatif hiburan bagi masyarakat, tak sedikit juga yang akhirnya harus mengeluarkan biaya besar hanya untuk membayar biaya langganan layanan-layanan tersebut. Terutama bagi mereka yang berlangganan pada lebih dari satu layanan.

Agar tak berdampak pada keuangan bulanan, berikut ini lima trik yang dapat dilakukan untuk menghemat pengeluaran berlangganan siaran digital, dilansir dari cnet.com, Senin, (10/10).

1. Rotasi layanan

Tak sedikit orang yang akhirnya rela mengeluarkan uang demi bisa berlangganan beberapa layanan siaran digital sekaligus. Alasannya karena program yang mereka miliki sama-sama menarik. Padahal cara ini yang paling banyak membuat boros.

Cobalah untuk merotasi layanan yang akan dipilih untuk berlangganan setiap satu atau beberapa bulan sekali. Buatlah daftar tontonan yang ingin dinikmati dan manfaatkan waktu berlangganan tersebut untuk menghabiskan daftar tersebut. Setelah selesai, baru pertimbangkan layanan siaran digital yang akan dipilih berikutnya.

2. Berlangganan bulanan

Penyedia layanan memang kerap memberikan diskon bagi yang ingin membayar biaya langganan secara langsung untuk satu tahun, Meski terlihat lebih mudah, sebenarnya cara ini tidak efektif. Terutama bagi orang yang sibuk atau sebenarnya tak begitu gemar menonton untuk menghabiskan waktu luangnya,

Opsi berlangganan bulanan akan membuat pengeluaran bisa lebih terkontrol. Misalnya dengan hanya berlangganan ketika menyadari jadwal rutin selama satu bulan ke depan lebih longgar dibandingkan biasanya.

3. Berhenti langganan sebelum pembayaran otomatis

Jangan lupa catat dengan baik tanggal berapa jadwal berlangganan layanan yang dipilih akan berakhir, Itu karena mayoritas layanan siaran digital akan menarik biaya berlangganan secara otomatis dari kartu kredit atau dana digital lain yang didaftarkan pelanggan.

Jika merasa tak akan memiliki waktu luang untuk menikmati tontonan atau tak ada tontonan yang ditunggu di bulan berikutnya, sebaiknya pertimbangkan untuk sementara berhenti berlangganan. Beberapa layanan juga menyediakan pilihan untuk jeda berlangganan, sehingga akan memudahkan kalau di bulan-bulan berikutnya ingin kembali berlangganan.

4. Cari informasi program yang akan datang

Umumnya setiap layanan memiliki media sosial yang aktif memberi informasi program dan tayangan mereka yang akan dirilis. Cobalah untuk lebih sering melihat info tersebut dan mencatatnya kalau merasa perlu.

Daftar tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan, layanan mana yang sebaiknya dipilih untuk berlangganan di bulan depan. Dengan begitu, biaya yang dikeluarkan akan sepadan dengan kesenangan yang muncul dari tayangan yang memang sudah dinantikan.

5. Cari informasi diskon

Setiap layanan pasti memiliki program kerja sama berkala yang dilakukan dengan berbagai perusahaan lain. Misalnya dengan operator seluler, aplikasi pembayaran digital, atau perusahaan penyedia jasa internet rumahan.

Info-info tersebut biasanya diinfokan secara berkala lewat berbagai platform, khususnya sosial media. Cobalah untuk mencari sebanyak mungkin diskon yang tersedia agar bisa lebih hemat dalam membayar biaya langganan. (M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat