visitaaponce.com

Inilah Para Pemenang Sayembara Cerpen Media Indonesia 2022

Inilah Para Pemenang Sayembara Cerpen Media Indonesia 2022
Anggota tim juri Sayembara Cerpen Media Indonesia 2022, Setyo Wardoyo, saat membacakan para pemenang sayembara, di Jakarta, Senin (31/10)(MI)

Indonesia Sejati: Festival Bahasa dan Sastra Media Indonesia 2022 hadir menjadi tahun kedua penyelenggaraan. Sebagai rangkaian dari festival yang diadakan untuk merayakan bulan bahasa dan Sumpah Pemuda tersebut, Media Indonesia kembali menghelat sayembara cerita pendek (cerpen).

Mengusung tema Sastra untuk selamatkan Bumi, tahun ini sayembara cerpen dibuka mulai 16 September hingga 17 Oktober. Jumlah cerpen yang diterima panitia tahun ini mencapai 486 karya.

“Stimulan (tema) yang diberikan oleh panitia sayembara, bisa menghimpun karya-karya yang tidak sekadar menempelkan kata 'bumi' di dalam teks. Jadi (karya) mampu membuat kesadaran terhadap kerusakan lingkungan yang sudah parah dan menjadi daging di dalam cerita,” kata anggota tim juri Sayembara Cerpen Media Indonesia 2022, Damhuri Muhammad, dalam gelar wicara di Lobby Grand Studio Metro TV, Kedoya, Jakarta Barat, Senin (31/10).

Tahun ini, tim juri memilih cerpen berjudul Ignoramus karya Aveus Har sebagai pemenang pertama. Cerpen ini adalah imaji science-fiction, yang dengan keterampilan artistiknya dinilai mampu menggapai visi profetik yang berhasil memperlihatkan nestapa dan marabahaya yang bakal melanda umat manusia saat Bumi di ambang binasa.

Sementara itu, cerpen berjudul Ayah Menjadi Pohon karya Surya Gemilang, dan Melangun Luka  karya Adam Yudhistira masing-masing terpilih sebagai pemenang kedua dan ketiga. 

Dengan melihat antusiasme para peserta, panitia juga memutuskan untuk memilih tiga cerpen lain sebagai pemenang harapan. Ketiganya adalah Jala di Atas Pintu oleh Puspa Seruni, Setitik Nila di Sokalima oleh Hendra Purnama, dan Lelaki yang Menyiapkan Jawaban oleh Hartari.

Pemenang diumumkan saat penutupan rangkaian acara yang juga disiarkan secara virtual di kanal Youtube Media Indonesia.

Dalam penyelenggaraan kedua, Indonesia Sejati Festival Bahasa dan Sastra Media Indonesia 2022 juga menggelar pembacaan puisi untuk donasi yang per Senin (31/10) pukul 16:00 WIB terkumpul Rp120 juta. Hasil donasi akan disalurkan melalui kerja sama dengan Benihbaik.com. (M-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat