visitaaponce.com

Badan Bahasa Dukung Media Indonesia Selenggarakan Festival Bahasa dan Sastra 2023

Badan Bahasa Dukung Media Indonesia Selenggarakan Festival Bahasa dan Sastra 2023
Festival Bahasa & Sastra 2023 disemarakkan dengan lomba story telling guru PAUD, lomba cipta puisi dan cipta cerpen nasional.(Dok MI)

BADAN Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud-Ristek siap mendukung penyelenggaraan Festival Bahasa dan Sastra 2023 yang akan diselenggarakan oleh Media Indonesia pada 25-26 Oktober 2023. 

Hal ini dikatakan sejalan dengan 3 program prioritas badan bahasa yakni literasi, revitalisasi dan internasionalisasi bahasa Indonesia.

Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Hafidz Muksin mengatakan bahwa keterlibatan semua unsur ekosistem sangat penting dalam mendukung 3 program prioritas badan bahasa. “Ini jadi hal penting dan kolaborasi perlu ditingkatkan,” ungkapnya kepada Media Indonesia di Kantor Kemendikbudristek di Jakarta, Selasa (10/10).

Baca juga : Media Indonesia Selenggarakan Lomba Tulis Cerpen 2023

Lebih lanjut, Hafidz menambahkan bahwa Indonesia saat ini tengah mengalami darurat literasi. Merujuk data UNESCO, hanya 1 dari seribu orang Indonesia yang gemar membaca.

Untuk itu, Badan Bahasa telah mengirimkan 15,4 juta eksemplar buku ke satuan pendidikan PAUD, SD sampai SMP awal khususnya ke daerah 3T dan daerah yang literasinya masih rendah.

Baca juga : Media Indonesia Adakan Lomba Cipta Puisi Nasional 2023

“Sebenarnya minat baca anak tinggi, namun akses dan sumber terbatas. Kualitas bukunya bisa tidak sesuai. Maka dari itu Festival Bahasa & Sastra 2023 ini akan menjadi salah satu upaya untuk menggiatkan literasi,” ujar Hafidz.

Perlu diketahui, dalam Festival Bahasa & Sastra 2023 akan terdapat talkshow yang mengangkat tema literasi. Selain itu, akan tersedia juga bursa buku yang menyediakan buku dengan harga terjangkau untuk kemajuan literasi masyarakat baik dalam membaca maupun menulis.

Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Abdul Khak menambahkan bahwa sampai saat ini pihaknya tengah mengunjungi berbagai daerah untuk membagikan buku kepada anak-anak.

“Jadi kita ingin ambil peran langsung dalam literasi. Dengan kami bagikan buku tingkat literasi anak akan naik. Selain itu, kami juga menyertai pembagian buku ini dengan pendampingannya. Jadi mereka dapat memanfaatkan dan mengelolanya dengan baik,” tegas Abdul Khak.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Festival Bahasa & Sastra 2023 ditambahkan program seperti pidato kebudayaan, lomba juga ditambah ada story telling guru PAUD, lomba cipta puisi dan lomba cipta cerpen. Ada pula agenda bedah buku dan bursa buku. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat