visitaaponce.com

Kenali Penyebab Gatal pada Payudara dan Puting

Kenali Penyebab Gatal pada Payudara dan Puting
ilustrasi: Payudara(ist/ilustrasi)

Pada dasarnya, di mana saja di tubuh Anda terkadang terasa gatal, tetapi beberapa area tubuh sedikit lebih meresahkan daripada yang lain. Jika Anda pernah mengalami gatal-gatal atau iritasi pada payudara atau bahkan puting, Anda pasti tahu rasa frustrasi karena harus menggaruk tempat yang tidak dapat Anda sentuh dengan mudah di depan umum.  

Terdapat beberapa penyebab medis yang menyebabkan payudara dan puting gatal, salah satunya ialah eksim payudara. Berikut beberapa penyebab payudara atau puting gatal, seperti dikutip dari situs Huffpost, Kamis, (9/2).

1. Eksim Payudara
Dr. Azadeh Shirazi, dokter kulit yang berbasis di La Jolla, California, AS mengatakan eksim payudara adalah penyebab umum payudara dan puting gatal.

Bentuk eksim yang paling umum adalah dermatitis atopik, yang biasanya bermanifestasi sebagai kulit gatal, kering, iritasi di sekitar lipatan seperti bagian belakang lutut dan siku.  Namun, itu bisa terjadi pada payudara dan puting juga.  Ada juga eksim kontak, atau dermatitis kontak, rasa gatal serupa yang berasal dari kontak dengan bahan iritan.

“Payudara atau puting yang gatal dapat disebabkan oleh dermatitis iritan, seperti gesekan berlebihan atau lecet pada kain keras,” kata Dr. Lauren Penzi, dokter kulit yang berbasis di New York, AS.  “Ini bisa disebabkan oleh dermatitis kontak alergi yang sebenarnya pada bahan-bahan tertentu dalam sabun, kain, deterjen, dan lain-lain," lanjutnya.

Dia menunjuk ke sebuah penelitian yang menemukan Cl + Me-isothiazolinone, kobalt klorida, thimerosal, nikel sulfat, dan resin 4-tert-butylphenol-formaldehyde adalah penyebab umum eksim puting.  Bahan-bahan ini terkadang digunakan dalam pakaian, produk pembersih, kosmetik, dan item perawatan pribadi lainnya.

 “Bagi mereka yang mungkin mengalami kepekaan terhadap sesuatu yang bersentuhan dengan mereka (bahan-bahan tersebut)-- yang bisa berupa deterjen baru, bra atau pakaian dalam baru, sabun atau pakaian baru-- ini dapat membantu menghindari wewangian atau bahan tertentu yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit, ” kata dokter kulit Kota New York, AS, Dr. Marisa Garshick.

Dia merekomendasikan deterjen ramah kulit sensitif karena menawarkan produk bebas wewangian, pewarna, lanolin, paraben, dan formaldehida.  Juga, perhatikan kain dan pewarna sintetis pada pakaian yang Anda beli.

 “Saya merekomendasikan untuk mencuci pakaian dalam baru sebelum memakainya karena banyak produsen menggunakan bahan kimia yang dapat meresap ke kulit, menyebabkan gatal dan ruam,” kata Shirazi.

2. Perubahan Tubuh dan Kulit.
Masalah gatal pada payudara juga bisa disebabkan oleh perubahan tubuh dan kulit. “Payudara gatal sering disebabkan oleh kulit kering, pertumbuhan payudara - misalnya karena kehamilan, pubertas atau kenaikan berat badan – perubahan hormonal, mastitis, infeksi jamur dan menyusui. Puting sering menjadi kering dan iritasi karena menyusui,” kata Dr. Hadley King, dokter kulit di New York City, AS.

Berhati-hatilah terhadap iritasi akibat gesekan atau gosokan, karena hal ini juga dapat menyebabkan rasa gatal.  Kadang-kadang, payudara yang gatal mungkin juga berkaitan dengan perubahan musim, terutama di bulan-bulan yang lebih dingin.

 “Suhu ekstrem dapat menyebabkan iritasi kulit, gatal, dan pembengkakan,” kata Shirazi.  “Payudara dan puting sering dilupakan, dan kita cenderung melewatkan pelembab di bagian sensitif ini.”


Cara Menjaga Area Payudara

1. Menggunakan Pelembab
Dalam menggunakan krim atau salep pelembab dapat membantu menutrisi kulit sekaligus memberikan pelindung untuk menjaga kelembapan dan meminimalkan potensi gesekan dan iritasi eksternal.

2. Jangan Digaruk.
Selain menjaga kelembapan kulit, ada praktik terbaik lainnya untuk mengatasi gatal. “Hindari menggaruk,” kata Dr. Ife Rodney, dokter kulit bersertifikat dan pendiri Eternal Dermatology and Aesthetics di Fulton, Maryland, AS.

“Menggaruk dapat memperburuk rasa gatal dan menyebabkan iritasi dan kerusakan kulit.  Mengompres dingin di area yang terkena dapat membantu meredakan gatal dan mengurangi peradangan," lanjutnya.

Dia juga merekomendasikan untuk mencuci area tersebut secara menyeluruh agar tetap bersih dan memastikannya kering sebelum mengenakan pakaian.


Penyakit Serius

Dalam kasus yang jarang terjadi, payudara yang gatal mungkin mengindikasikan sesuatu yang lebih serius. “Ada entitas langka namun penting yang disebut penyakit Paget pada payudara yang dapat muncul seperti eksim pada puting susu,” kata Penzi.

Penyakit Paget biasanya hanya menyerang satu puting, jadi perhatikan jika Anda melihat iritasi hanya pada satu sisi. “Gatal dan ruam bisa menjadi tanda penyakit Paget pada payudara yang terkait dengan kanker payudara yang mendasarinya di mana sel kanker dari tumor payudara yang ada menyebar melalui saluran susu ke puting dan areola (area berwarna gelap yang mengelilingi puting payudara),” papar Shirazi.

Kanker payudara inflamasi adalah diagnosis langka lainnya yang terkadang menyebabkan rasa gatal.  Gejala lain mungkin termasuk pembengkakan, perubahan warna, dan perubahan cepat lainnya pada payudara selama beberapa minggu.

Penting untuk menghubungi dokter jika keadaan tidak membaik. “Ada banyak penyebab umum payudara dan puting gatal yang tidak mengkhawatirkan atau mengindikasikan kondisi mendasar yang lebih serius,” jelas King.  "Tetapi jika penyebab umum dikesampingkan, dan rasa gatal tidak membaik, terutama jika itu unilateral dan disertai ruam, penting untuk dievaluasi oleh dokter untuk memastikan bahwa itu bukan kanker payudara."

Seorang dokter kulit dapat membantu Anda menentukan penyebab masalah ini dan pengobatan terbaik.  Dalam kasus kanker yang jarang terjadi, Anda mungkin memerlukan biopsi untuk memastikan diagnosisnya.  Bahkan jika kanker bukanlah penyebabnya, carilah pertolongan medis jika rasa gatal Anda tidak kunjung membaik seiring berjalannya waktu.(M-3)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat