visitaaponce.com

Ini yang Harus Diperhatikan Saat Mengaplikasikan Produk Perawatan Kulit

Ini yang Harus Diperhatikan Saat Mengaplikasikan Produk Perawatan Kulit
Ilustrasi(Dok. Today.com)

Tak jarang kesalahan dalam mengaplikasikan produk perawatan kulit atau skincare terjadi. Sejumlah hal nyatanya perlu diperhatikan ketika mengaplikasi sejumlah produk tersebut. Karena kalau digunakan dengan cara yang salah, manfaat produk perawatan yang digunakan tak akan maksimal.

Melansir dari situs Huffpost, Senin (20/2), berikut sejumlah hal yang harus diperhatikan dalam mengaplikasikan produk perawatan kulit.

1. Waktu

Banyak dokter kulit menyarankan untuk memberikan waktu yang cukup antara rejimen perawatan kulit pagi dan sore hari.

"Idealnya Anda akan memisahkannya sekitar 12 jam. Menyelesaikan perawatan kulit di pagi hari sebelum tengah hari sangat ideal, karena memberi Anda cukup waktu di antara rutinitas,” kata dokter kulit Dr.Ruth Jobarteh-Williams.

2. Urutan

Pastikan mengaplikasikan produk yang digunakan dengan urutan yang benar. Banyak dari kita memiliki lebih dari satu produk untuk diterapkan pada kulit.

Rachael Gallo, ahli kecantikan menyarankan untuk Anda selalu menggunakan toner pada kulit yang lembap, karena berfungsi sebagai konduktor untuk membantu serum menempel pada kulit Anda. Setelah serum Anda dioleskan di atas toner, tunggu hingga kulit kering sebelum mengoleskan pelembap sebagai lapisan perlindungan terakhir.

3. Tunggu produk meresap

Ahli tata rias kecantikan Tammy Fender memberikan saran waktu terbaik terkait hal tersebut.

“Saya menunggu setidaknya 10 menit setelah memakai pelembap sebelum mengoleskan tabir surya atau riasan. Mengistirahatkan kulit terkadang sangat menenangkan," katanya.

Ia menyarankan Anda untuk meluangkan waktu memijat wajah Anda sendiri sambil menunggu waktu tersebut.

“Gunakan semua jari Anda untuk memijat seluruh wajah Anda dengan lembut. Rasanya luar biasa dan akan membantu produk menembus lebih cepat," paparnya.

4. Aturan Khusus Retinol

Retinol memiliki beberapa aturan berbeda. Beberapa orang mengalami iritasi, pengelupasan, atau kekeringan saat menggunakan turunan vitamin A yang dikenal sebagai retinoid, terutama yang diresepkan. Untuk alasan ini, dokter kulit sering merekomendasikan Anda untuk mengoleskan pelembab, menunggu hingga meresap, mengoleskan retinoid, lalu menambahkan lapisan pelembab lagi.

Sebab, pelembab yang dioleskan terlebih dahulu akan menjadi penghalang untuk melawan iritasi apa pun dari retinol, dan pelembab setelahnya dapat mengunci kelembaban.

5. Menunggu waktu tidur setelah pemakaian sejumlah produk.

Michelle Wong, seorang ahli kimia dan pendidik sains, menyarankan tidak ada salahnya untuk menunggu beberapa saat. "Jika Anda benar-benar ingin memastikan produk Anda tidak terbuang sia-sia, menunggu satu jam setelah aplikasi sebelum tidur adalah cara yang paling aman," katanya.

“Seberapa cepat produk diserap tergantung pada jenis kulit Anda,” kata Gallo. “Kulit yang lebih kering akan menyerap dalam hitungan menit, dan kulit yang berminyak mungkin membutuhkan waktu lebih lama. Kami merekomendasikan untuk mencuci muka tepat setelah makan malam, memulai rutinitas perawatan diri Anda lebih awal, kemudian bersantai," lanjutnya.

(M-4)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat