visitaaponce.com

IBM Buka Akademi Hybrid Cloud dan AI di Batam

IBM Buka Akademi Hybrid Cloud dan AI di Batam
Pembukaan Akademi IBM di Batam.(Dok. IBM Indonesia)

Perusahaan teknologi asal AS, IBM, membuka akademi untuk bidang hybrid cloud dan artificial intelligence (AI) di Batam. Akademi yang berlokasi di Nongsa Digital Park itu akan menawarkan kursus di bidang AI, hybrid cloud, dan keamanan siber dari program IBM SkillsBuild dan Red Hat.

Nantinya di akademi tersebut, para peserta akan mendapatkan pelatihan selama sekitar lima bulan. Mereka akan mendapatkan berbagai pelatihan dari para pakar teknologi IBM. Akademi tersebut akan menerima mahasiswa angkatan pertama mulai tanggal 6 Maret 2023.

Ke depan, kurikulum yang ditawarkan oleh akademi IBM juga akan menjadi bagian dari program Kampus Merdeka dari Kementerian Pendidikan, dan dapat diakses oleh seluruh mahasiswa di seluruh Indonesia.

"Peningkatan keterampilan yang siap pakai diharapkan dapat mendorong transformasi digital di Indonesia. Pemerintah, industri dan akademisi perlu berkolaborasi untuk membantu Indonesia meningkatkan ketersediaan keterampilan teknologi utama dan merealisasikan nilai dari ekonomi digital yang ditopang oleh hybrid cloud dan AI," ujar General Manager, IBM Asia Pasifik, Paul Burton, dalam siaran pers yang diterima Media Indonesia, Jumat, (24/2).

Burton mengatakan Indonesia memiliki salah satu demografi penduduk termuda di ASEAN. Dengan memberikan keterampilan yang siap pakai bagi tenaga kerja masa depan, diharapkan Indonesia akan semakin kompetitif di dunia digital.

Setelah fase percontohan, akademi tersebut akan berkolaborasi dengan tujuh universitas untuk memperluas kurikulum keterampilan yang dibutuhkan. Mulai dari pembelajaran mesin, AI dasar, arsitektur cloud, teknik cybersecurity, keamanan jaringan, arsitektur zero trust, hingga administrasi sistem Red Hat.

(M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat