visitaaponce.com

Sarapan Telur dapat Membantu Mencegah Stunting

Sarapan Telur dapat Membantu Mencegah Stunting
Sejumlah siswa SD di Jepara, menunjukkan telur bebek pada kegiatan Gerakan Gemar Makan Telur, Selasa (30/8/2022)(ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/aww.)

Penelitian menunjukkan telur penting untuk membantu pertumbuhan tinggi badan anak. Para peneliti di Universitas Washington di St. Louis, Missouri, AS dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics, baru-baru ini melakukan percobaan dengan melibatkan bayi berusia antara enam dan sembilan bulan di Ekuador, Amerika Selatan.

Beberapa peserta yang dipilih secara acak ditugaskan untuk menambahkan telur setiap hari ke dalam makanan mereka selama enam bulan, sementara sebagian lainnya tidak mengonsumsi telur.

Hasilnya, mereka menemukan kelompok balita yang mengonsumsi telur setiap hari 47% lebih kecil kemungkinannya mengalami stunting (pertumbuhan tinggi badan yang lambat). Selain itu, 74% lebih kecil kemungkinannya untuk kekurangan berat badan dibandingkan anak-anak yang tidak mengonsumsi telur.

“Kami terkejut betapa efektifnya pengaruh ini. Ukuran efeknya adalah 0,63 dibandingkan dengan rata-rata global 0,39," kata peneliti utama Lora Iannotti, seperti dikutip dari situs Science Daily, Selasa (21/2).

 “Penelitian kami dengan hati-hati memantau reaksi alergi terhadap telur, namun tidak ada insiden yang diamati atau dilaporkan oleh orangtua/pengasuh,” tambah Iannotti.

“Telur tampaknya menjadi sumber nutrisi yang layak dan direkomendasikan untuk anak-anak di negara berkembang." (M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat