visitaaponce.com

Tips Merawat Wajah agar Tetap Glowing saat Puasa

Tips Merawat Wajah agar Tetap Glowing saat Puasa
Ilustrasi merawat kulit agar tidak kering selama puasa(Dok. SkinStore.com)

Di bulan puasa, tak hanya perut yang kerap merasa lapar dan haus. Kulit kita juga akan merasakan efek yang sama. Ketika menjalankan puasa selama satu bulan di Ramadan, kulit akan lebih mudah menjadi kering atau dehidrasi. Itu disebabkan karena berkurangnya asupan cairan di siang hari.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, kali ini artikel ini akan membahas tentang tips perawatan wajah saat bulan puasa yang bisa dilakukan oleh perempuan, seperti dilansir dari chrysoliteaesthetics.com, Selasa, (21/3).

1. Minum banyak air putih

Kunci utama agar kulit tetap lembab seharian adalah banyak minum air saat sahur dan berbuka puasa agar kulit terhidrasi. Kamu juga perlu memilih makanan yang berbasis air, seperti sup dan buah-buahan.

Baca juga: Ketahui Tanda-Tanda Penuaaan Alami Kulit

2. Hindari gula dan lemak berlebih

Selanjutnya, tips merawat wajah selama puasa bagi kamu yang wajahnya mudah muncul jerawat dan berminyak, dianjurkan untuk menghindari konsumsi makanan yang mengandung gula dan lemak berlebih. Hal itu dikarenakan dapat menyebabkan jerawat dan kulit berminyak.

3. Pakai elembap

Kulit mudah kering selama berpuasa, sehingga kamu perlu menggunakan pelembap. Setelah mencuci wajah dengan air hangat, pastikan untuk melembabkan kulit untuk mengembalikan kelembaban karena kurangnya hidrasi selama puasa.

Baca juga: Penuaan Dini dan Jerawat Jadi Musuh Utama Bagi Kaum Wanita

4. Jangan gunakan make up terlalu tebal

Saat bulan puasa hal yang perlu dihindari adalah menggunakan make up yang tebal, terutama di siang hari saat sedang puasa. Hal ini karena makeup seperti concealer dan foundation yang terlalu tebal tidak bagus untuk perawatan kulit wajah. Kondisi udara panas, dehidrasi, dan iritasi berat bisa menyebabkan jerawat. Gunakanlah produk yang ringan dan melembapkan, seperti krim BB dan lip balm dengan tambahan SPF.

5. Rutin membersihkan Wajah

Selama bulan puasa, kamu minimal harus membersihkan wajah secara teratur selama dua kali sehari. Gunakan sabun pembersih yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit kamu.

6. Kurangi produk hewani

Susu dan telur sering dianggap menjadi penyebab munculnya jerawat. Nah, cara untuk menghindarinya, kamu perlu mengurangi konsumsi produk-produk hewani seperti telur dan susu.

7. Jauhi soda dan minuman berkafein

Minuman kafein dan soda dapat menyedot mineral dalam tubuh yang otomatis dapat menimbulkan efek negatif pada kulit. Selain itu, kedua minuman ini sudah terbukti membuat tubuh cepat mengalami dehidrasi.

8. Pakai tabir surya

Tahukah kamu kalau paparan sinar matahari saat berpuasa lebih berbahaya dari biasanya? Selama puasa, kulit rentan mengalami dehidrasi dan lebih kering. Kondisi ini bisa menjadi lebih buruk ketika terkena paparan sinar matahari. Oleh sebab itu, pastikan kamu memakai tabir surya sebelum beraktivitas.

Itulan delapan hal yang bisa dilakukan untuk membuat kulit tetap sehat dan glowing meski sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Jangan lupa diaplikasikan dengan benar, ya!

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat