visitaaponce.com

Picasso Seniman Terlaris Sepanjang Masa

Picasso Seniman Terlaris Sepanjang Masa
Karya pelukis Spanyol Pablo Picasso terjual di lelang dengan harga lebih dari US$30 juta dolar(AFP)

Pablo Picasso, yang meninggal 50 tahun yang lalu, minggu ini  tetap menjadi bintang lelang seni dengan beberapa karyanya yang mencatat rekor.

Menurut hitungan AFP, lima karya seniman Spanyol  itu telah terjual lebih dari US$100 juta (sekitar Rp1,5 triliun), sementara 16 karya lainnya seharga lebih dari US$50 juta, dan 39 karya dengan harga lebih dari US$30 juta.

Sementara itu, "The Women of Algiers (Versi O)", dilukis pada tahun 1955, adalah karya Picasso termahal yang pernah dijual di balai lelang yakni seharga US$179,4 juta pada 11 Mei 2015, lima kali lipat dari yang telah dibayar penjual 18 tahun sebelumnya. Saat itu, harga tersebut adalah penjualan lelang seni terbesar dalam sejarah.

Rekor itu baru tumbang pada November 2017 oleh penjualan "Salvator Mundi" karya Leonardo da Vinci, yang dilelang seharga US$450 juta dan memegang rekor hingga hari ini.

Menurut data AFP, dalam 20 tahun terakhir, dua karya Picasso lainnya memegang rekor penjualan lelang seni terbesar: "Boy with a Pipe", dari Mei 2004 hingga Februari 2010, dan "Nude, Green Leaves and Bust" dari Mei 2010 hingga Mei 2012,

Dengan penjualan karya Picasso bertambah hingga US$4,7 miliar selama 10 tahun terakhir, menurut laporan tahunan Artprice, tidak ada artis lain yang dapat mengalahkannya secara keseluruhan. Karya Andy Warhol cuma mampu meraup US$3,4 miliar sedangkan Claude Monet hanya US$2,6 miliar.

Picasso bukan hanya seorang pelukis, karanya  juga mencakup patung, ukiran, litograf, buku bergambar, dan kostum balet. Semua karya itu telah muncul di 31.745 acara lelang dalam 10 tahun dengan rata-rata lebih dari 3.000 objek terjual setiap tahun. (M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat