visitaaponce.com

Ini Makanan yang tidak Disarankan Dimakan Sebelum Berlari

Ini Makanan yang tidak Disarankan Dimakan Sebelum Berlari
ilustrasi pelari(MI)

PERNAHKAH Anda merasa kram perut saat berlari? Ya, berlari dapat mempercepat sistem pencernaan, apa yang Anda konsumsi sebelum berlari bisa berdampak baik atau buruk bagi pencernaan Anda. 

Untuk memastikan apa yang Anda konsumsi memberikan tenaga saat berlari tanpa efek samping yang buruk bagi tubuh, penting untuk memperhatikan apa yang Anda makan dan minum tepat sebelum lari dan malam sebelumnya. Berikut beberapa saran dari pelatih lari tentang makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari pada malam hari sebelum mulai berlari:

1. Makanan berserat

Jika Anda memiliki perlombaan atau lari jarak jauh, pelatih triathlon bersertifikat dan pelatih pribadi bersertifikat Kristen Hislop menyarankan Anda harus mulai menyadari apa yang dimakan. Sarannya, mulai mengurangi asupan serat. 

Serat adalah nutrisi yang penting dan krusial dan Anda tidak boleh menghilangkan sepenuhnya dari diet Anda, tetapi Hislop mengatakan makanan berserat tinggi seperti kubis Brussel, lentil, dan biji-bijian membutuhkan banyak energi agar sistem pencernaan dapat berfungsi.

2. Makanan berlemak

Hislop juga mengatakan makanan berlemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, jadi sebaiknya jangan mengonsumsi makanan seperti pizza, burger, dan kentang goreng. Kuncinya, kata Hislop, memberi tubuh Anda sesuatu yang mudah dicerna dan digunakan sebagai bahan bakar, seperti salah satunya nasi putih. 

3. Makanan pedas

Ahli diet terdaftar dan pelatih lari Cortney Berling mengatakan makanan pedas juga dapat menyebabkan mulas bagi banyak orang. Sebab itu sebaiknya jangan dikonsumsi saat malam sebelum Anda berlari.

4. Alkohol

Pelatih lari dan pelatih pribadi bersertifikat Nicole DeSena mengatakan alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan kelelahan selama Anda berlari. Sebab itu, hindari mengonsumsi minuman ini pada malam sebelum berlari.

Lalu, apa yang harus dihindari saat lari pagi?

Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari ketika Anda akan berlari pagi. 

1. Makanan dan minuman baru

Elyse Kopecky, seorang pelatih nutrisi, mengatakan untuk menghindari makan atau minum yang baru bagi Anda. Pelatih balap dan pelatih pribadi bersertifikat Whitney Biaggi pun setuju, "Karena makanan dapat memengaruhi setiap orang secara berbeda, penting untuk menguji makanan terlebih dahulu terutama apa yang Anda makan sebelum lari, sebelum hari perlombaan, idealnya selama latihan lari".

2. Makanan berserat

Mirip dengan bagaimana Hislop merekomendasikan untuk menghindari makanan berserat tinggi beberapa hari sebelum lari jarak jauh, Biaggi mengatakan makanan tersebut juga tidak ideal untuk dimakan di pagi hari saat Anda berlari. 

“Umumnya, makanan berserat tinggi sering kali dapat menyebabkan masalah perut,” kata Biaggi. 

3. Produk susu

DeSena juga merekomendasikan untuk menghindari produk susu, termasuk yogurt dan smoothie berbahan dasar susu. Dia mengatakan bahwa, secara umum, kebanyakan orang tidak mentolerir produk susu dengan baik dan butuh beberapa saat bagi tubuh untuk mencernanya.

Apakah boleh mengonsumsi kopi sebelum berlari?

Para ahli mengatakan hal tersebut tergantung pada masing-masing orang. Beberapa orang setelah meminum kopi merasakan peningkatan performa, sementara beberapa lainnya mengalami masalah perut. 

Hislop mengatakan kuncinya adalah menguji efek makanan atau minuman terlebih dahulu untuk melihat bagaimana pengaruhnya terhadap Anda.

Apa yang harus dimakan?

Kelima pelatih lari merekomendasikan untuk fokus pada satu jenis makanan yaitu karbohidrat sederhana.

"Makan karbohidrat sederhana yang mudah dicerna 30 hingga 60 menit sebelum Anda berlari," kata Berling.

Contoh sarapan karbohidrat sederhana termasuk bagel, roti panggang putih, atau kue beras biasa.

DeSena dan Biaggi mengingatkan untuk minum air secukupnya. Mulailah minum air dua jam sebelum Anda berlari daripada meminum segelas besar tepat sebelum Anda mulai berlari untuk menghindari buang air kecil segera setelah memulai berlari.(huffpost/M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat