visitaaponce.com

Ternyata Gajah di Kebun Binatang Senang dengan Kunjungan Manusia

Ternyata Gajah di Kebun Binatang Senang dengan Kunjungan Manusia
Atraksi Gajah di depan pengunjung kebun binatang(AFP/ ISHARA S. KODIKARA)

GAJAH di kebun binatang ternyata begitu menikmati kunjungan manusia. Hal ini diungkap dalam studi terbaru yang dilakukan Harper Adams dan Nottingham Trent Universities.

Studi menyebut hewan-hewan yang berada di kebun binatang memperlihatkan perilaku positif seperti aktivitas sosial yang meningkat ketika berada di antara kerumunan pengunjung, sementara indikator bosan menurun. Perilaku itu juga ditemukan pada hewan lain seperti beruang cokelat, pinguin dan beruang kutub.

Namun, beberapa hewan kebun binatan lain seperti marsupial, burung unta dan burung lain yang tak bisa terbang justru bereaksi negatif terhadap kehadiran pengunjung.

Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Animals yang menelaah tentang dampak kehadiran pengunjung kebun binatang pada lebih dari 250 spesies hewan.

Terkait dengan gajah, peneliti menemukan hewan dengan belalai itu akan lebih aktif usai diberi makan di depan umum. Pada saat yang sama, perilaku berulang yang menandakan kebosanan menurun, ketika banyak pengunjung berada di sekitarnya. Hewan lain yang menunjukkan respons positif di antaranya Cheetah, Banteng dan Burung Kakatua.

"Pengunjung kebun binatang menjadi salah satu aspek yang mempengaruhi lingkungan hewan yang tidak dapat dikendalikan sehingga bisa membuat stres, meskipun beberapa spesies terlihat bisa beradaptasi dengan baik terhadap perubahan kondisi lingkungan yang berkaitan dengan pengunjung," kata Samantha Ward dari Nottingham Trent University.

"Ada banyak bentuk stimulus yang diberikan pengunjung dalam hal perilaku seperti kebisingan dan cara mereka berinteraksi dengan hewan. Kami mengidentifikasi beragam respons hewan kebun binatang terhadap kehadiran manusia, beberapa beradaptasi, lainnya tidak begitu baik," ungkapnya.

Baca juga: Hewan di Kebun Binatang London Nikmati Suguhan Telur Paskah

Akan tetapi, sebagian besar reaksi hewan terhadap pengunjung bersifat netral.

"Respons hewan dikaitkan dengan berbagai faktor dan mengenali apa yang penting untuk meningkatkan kesejahteraan (hewan)," kata Ellen Williams, ilmuwan kesejahteraan hewan kebun binatang di Universitas Harper Adams di Shropshire.

Williams menambahkan, pada gajah dan burung sangat menggembirakan responsnya karena perilaku berulang mereka menurun dan bersikap lebih positif di hadaoan manusia. Sementara pada sebagian spesies sebaliknya.

"Bisa menjadi saran untuk perubahan desain bentuk kandang sehingga mendukung hewan dalam berinteraksi dengan pengunjung," pungkasnya.(BBC/M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat